dan 52 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 1 Kelas 4 SD 51 50 49 Kunci Jawaban Buku Tematik Halaman 48

Berikut pembahasan dan kunci jawaban Buku Tematik Kelas4 SD, tema3 subtema2 pembelajaran 1 halaman 48, 49, 50, 51, dan 52. Pada Buku Tematik tema 3 untuk kelas4 SD/MI, berjudul Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkungan. Siswa kelas4 SD diajak untuk mempelajari mengenai keberagaman yang ada di lingkungan sekitar mereka.

Berikut kunci jawaban serta pembahasan mengenai materi "Peduli Terhadap Makhluk Hidup". 1. Tulis paling sedikit 4 pertanyaan tentang burung cenderawasih di atas! Dari mana burung Cendrawasih berasal?

Kenapa burung Cendrawasih langka? Di mana kita bisamenemukan burung Cendrawasih? Apa makananburung Cendrawasih?

2. Jelaskan mengapa burung cenderawasih menjadi salah satu sumber daya alam yang menjadi kebanggaan rakyat Papua dan dilestarikan. Burung cenderawasih menjadi salah satu sumber daya alam yang menjadi kebanggaan rakyat Papua, karena burung Cendrawasih memiliki warna bulu yang indah, yang bisa dijadikan maskot Papua. Keberadaan burung Cenderawasih semakin lama semakin langka, karena adanya perburuan liar dan dan perusakan habitat.

3. Keberadaan burung cenderawasih kian lama kian terancam. Apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi? Faktor yang menyebabkan burung cenderawasih langka adalah, karena adanya perburuan liar, perusakan habitat, hingga perdagangan bulu burung Cenderawasih sebagai penghias topi. 4.Apa yang bisa dilakukan untuk menjaga kelestarian burung cenderawasih?

Untuk menjaga kelestarian burung cenderawasih, kita bisa menjaganya dengan tidak merusak habitat dan tidak memburu. 5.Bagaimana kaitan antara perilaku manusia dengan kelangkaan burung cenderawasih? Deskripsikan! Kaitan antara perilaku manusia dengan kelangkaan burung cenderawasih, adalah perilaku manusia yang buruk yang kini menjadi faktor penyebab langkanya burung cenderawasih.

Harga bulunya yang mahal, membuat manusia manusia tidak bertanggung jawab memburu burung cenderawasih untuk dijual. 6.Bagaimana pendapatmu tentang perilaku manusia tersebut? Perilaku tersebut jelaslah tidak boleh dicontoh, karena seharusnya kita sebagai makhluk hidup saling melindungi keberadaan burung Cenderawasih. dan bukan malah memburunya untuk dijual.

7.Apa akibatnya jika burung cenderawasih punah? Jika burung cenderawasih punah, keberagaman satwa Indonesia akan berkurang. Ini menyebabkan generasi yang akan datang hanya bisa menyaksikan keindahan burung Cenderawasih melalui gambar atau foto.

8.Apa saranmu agar kelestarian burung cenderawasih tetap terjaga? Sebaiknya, semua manusia harus memiliki kesaradan bahwa keberadaan burung cendrawasih sudah langka. Selain itu harus ada ketegasan hukum bagipelaku pemburu burung Cenderawasih, agar tidak mengulangi perbuatannya lagi.

1. Apa akibatnya apabila kupu kupu punah? Jika kupu kupu punah, kelestarian tanaman akan terganggu karena berkurangnya hewan yang membantu penyerbukan tanaman. 2. Apa yang bisa kamu lakukan untuk melindungi kupu kupu?

Untuk melindungi kelestarian kupu kupu, sebaiknya kita menjaga populasinya dan tidak menangkap kupu kupu hanya untuk hiasan. 3. Di mana kupu kupu hidup? Jelaskan! Kupu kupu dapat hidup di dataran tinggi dan di dataran rendah atau di daerah yang bayak terdapat tanaman berbunga.

*) Disclaimer: Kunci jawaban tersebut hanya sebagai panduan untuk orangtua mengoreksi jawaban anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *