Bisa Dijadikan Lauk hingga Kue 5 Kreasi Olahan Kentang ala Orang Indonesia

November 9, 2020 by No Comments

Kentang kerap diolah oleh orang Indonesia menjadi berbagai macam masakan, bisa untuk lauk pauk, camilan, dan kue manis. Olahan kentang ala orang Indonesia relatif lebih kompleks jika dibanding dengan olahan kentang ala Western . Meski demikian, rasa olahan kentang ala Indonesia seimbang nikmatnya dengan beragam bumbu pada masakannya.

Berikut ini ada 5 kreasi olahan kentang ala orang Indonesia. Perkedel kentang adalahresep olahan kentangala orang Indonesia yang terbuat dari kentang yang dihaluskan kemudian dibumbui. Lalu dibentuk bulat dan digoreng. Olahan kentang ini suka disantap sebagai hidangan pelengkap untuk nasi, soto maupun camilan.

Tak jarang resep perkedel dikreasikan dengan tambahan isian seperti pada perkedel kentang untuk soto padang yang berisi daging. Pilihan bahan baku isian perkedel yang digunakan bisa berupa daging giling, seafood , sosis dan kornet. Pada dasarnya semur berbahan baku utama dari daging yang dimasak berkuah dengan warna coklat pekat.

Namun, penggunaan daging pada semur sebenarnya bisa diganti dengan bahan lain, salah satunya tahu dan kentang. Cara pembuatan semur tahu kentang tidak berbeda dengan semur pada umumnya, semua bahan cukup direbus dengan kuah. Sebelum direbus, kentang dan tahu harus digoreng dahulu agar tidak mudah hancur saat dimasak. Sebagai ciri khas semur jangan lupa untuk menambahkan kecap dan rempah.

Salah satu hidangan khas Minang yang terkenal adalah masakan balado. Balado sendiri adalah masakan yang dimasak dengan cabai merah atau lado dalam bahasa daerahnya. Ada banyak masakan yang bisa dicampur lado atau balado, salah satunyakentang balado.

Kentang balado sering juga dijadikan sebagai lauk dalam satu paket nasi kotak. Olahan ini dapat dibuat dengan mencampur potongan kentang goreng dengan bumbu cabai merah. Kemudian masak kembali agar bumbunya meresap.

Olahan kentang bernamakue lumpur kentangadalah salah satu kreasi dari kue tradisional Indonesia, kue lumpur. Kue lumpur sendiri mempunyai ciri bentuk bundar dengan rasa manis dan tekstur lembut. Bahan utama kue lumpur kentang terdiri dari tepung terigu, santan, gula, telur, dan penambahan kentang tumbuk. Tekstur dari kue lumpur lembut.

Memasak kue lumpur kentang bisa dilakukan pula di atas kompor dengan cetakan kue lumpur. Kue olahan kentang ini merupakan kue tradisional yang cukup digemari siapa pun. Sambal goreng kentang bisa dibilang hampir serupa dengan sambal balado khas Padang. Namun, cita rasa sambal goreng kentang cenderung lebih manis ketimbang sambal balado.

Dalam satu hidangan sambal goreng kentang terdiri dari campuran kentang, hati sapi atau ayam, sambal cabai merah yang dimasak dengan santan dan tambahan gula. Sambal goreng kentang lebih dikenal dengan sebutan sambal goreng hati. Hidangan satu ini pun banyak ditemui sebagai lauk pada nasi tumpeng.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *