Beserta Kumpulan Resep Telur Dadar yang Mudah Dibuat Cara Membuat Telur Dadar Mengembang & Krispi

Telur dadar merupakan menu sederhana, namun menjadi favorit semua orang. Apalagi jika telur dadar digoreng hingga mengembang dan pinggirannya krispi, akan menambah kelezatan ketika dimakan. Lantas, bagaimana cara membuatnya?

Untuk membuat telur dadar mengembang ala warteg, Anda harus menggunakan telur yang cukup banyak. Tenang saja, nantinya telur juga akan mengembang dan cukup dibagi untuk sekeluarga. Paling sedikit, gunakan 3 butir telur.

Supaya makin enak, jangan lupa tambahkan potongan daun bawang, bawang merah dan cabai rawit. Telur dadar seperti ini sering disebut telur dadar gobal gabul. Campuran bahan yang sederhana ini nyatanya bisa menambah cita rasa telur dadar menjadi lebih spesial.

Ada yang berpikir untuk membuat telur dadar mengembang ini perlu ditambahkan tepung. Namun kenyataannya, hal tersebut salah besar. Jika ditambahkan tepung, telur dadar akan sulit mengembang, karena tepung membuat telur dadar menjadi berat dan sulit naik.

Untuk membuat telur dadar mengembang, menggunakan minyak yang banyak adalah kucinya. Minyak memang harus sangat banyak sehingga telur dadar langsung mengembang begitu terkena minyak. Minyak yang banyak ini juga bisa membuat pinggiran telur dadar menjadi keriting sehingga rasanya krispi.

Jangan lupa, pastikan untuk menggunakan wajan yang cekung dan bukan yang datar. Jika datar, minyak akan menyebar dan hasilnya telur dadar tidak bisa mengembang. Nah, hal yang harus diperhatikan adalah saat menuang telur.

Tuang dengan posisi agak jauh atau agak tinggi dari wajan seperti membuat kremesan. Teknik ini akan membuat telur dadar mengembang dan keriting pinggirannya. Silahkan mencoba!

Waktu: 30 Menit Sajian: 4 Porsi Butir telur ayam 100 gram tahu putih, haluskan 50 gram udang kupas, cincang kasar 4 tangkai kucai, dpotong 1/2 cm 1 buah cabai hijau, iris serong 6 buah jamur kancing, iris halus 1/2 sendok teh garam 1/4 sendok teh merica 2 sendok makan air

Kocok lepas telur. Masukkan bahan lainnya. Aduk rata. Dadar sekaligus di dalam wajan teflon hingga matang. Telur dadar tahu lumat siap disajikan.

Waktu: 20 Menit Sajian: 4 Porsi Butir telur ayam 1 batang daun bawang, diiris halus 1/4 sendok teh garam 1/4 sendok teh merica 3 buah cabai merah keriting, diiris serong 3 buah cabai hijau keriting, diiris serong 3 butir bawang merah, diiris 2 siung bawang putih, diiris 1 sendok makan saus tiram 100 ml air

Kocok lepas telur. Masukkan daun bawang, garam, dan merica. Tuang telur ke dalam wajan datar. Goreng sampai matang. Sisihkan. Untuk membuat saus, panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum.

Masukkan cabai merah keriting, cabai hijau keriting, dan saus tiram. Aduk rata. Tambahklan air. Masak hingga mendidih. Siram kan diatas telur. Waktu: 20 Menit

Sajian: 6 Porsi Butir telur kocok lepas 6 buah otak otak, iris miring 1 batang daun bawang, iris halus 4 butir bawang merah iris tipis 2 siung bawang putih iris tipis 1 buah cabai merah buang biji, iris tipis serong 1/2 sendok teh garam 1/4 sendok teh merica bubuk 20 gram tepung terigu protein sedang 25 ml santan kental instan 1 sendok makan minyak untuk olesan Campurkan semua bahan, dan aduk rata semuanya.

Dadar di dalam wajan dadar yang sudah dioles minyak panas. Kemudian tutup dan biarkan sampai matang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *