Ada 3 Tipe & Dijual dari Rp 300 Jutaan Toyota Yaris Garapan Gazoo Racing Resmi Dirilis

Toyota akhirnya merilis All New GR Yaris mulai 4 September 2020 lalu. Yaris yang bakal mengaspal ini merupakan garapan Toyota Gazoo Racing. Yaris keluaran 2020 yang memiliki DNA World Rally Championship (WRC) ini diklaim menjadi mobil yang mudah dikendarai oleh siapapun dan di berbagai kondisi jalan.

Dikutip dari Kompas.com, GR Yaris ini dibangun berdasarkan riset Toyota Gazoo Racing. Untuk diketahui Toyota Gazoo Racing merupakan tim unggulan di balap WRC. Tak sendiri, GR Yaris juga dibangun lewat masukan dari driver profesional pada tahap awal pengembangan.

Dikutip dari Toyota Global, mobil ini juga diluncurkan berdasarkan keinginan master driver Morizo. Morizo adalah nama Akio Toyoda ketika di balik kemudi. Akio Toyoda sendiri merupakan Presiden Toyota Motor Corporation serta cucu dari pendiri Toyota Motor Corporation.

Ia mengatakan ingin membawa mobil sport Toyota kembali mengaspal di dalam kota. GR Yaris diciptakan sebagai mobil Toyota pertama yang dikembangkan dengan konsep terbaik, yakni mengubah mobil sport menjadi mobil produksi massal. GR Yaris dibangun dengan memperhatikan aerodinamika, bobot yang ringan, serta kekakuan tinggi.

Yaris GR juga akan keluar dalam tiga varian, yakni RZ (Performa tinggi), RS, dan RC. Untuk RZ sendiri dibekali mesin 1,6 liter tiga silinder turbo. Tak hanya itu, untuk seri berperforma tinggi ini akan dibekali dengan sistem 4WD serta transmisi manual.

Untuk seri RS, akan dibekali dengan mesin 1,5 liter tiga silinder segaris berpenggerak depan. Mobil ini yang tersedia dalam varian RS, RC, RZ, dan High Performance ini dibanderol mulai 2.650.000 yen atau setara Rp 367 jutaan hingga 4.560.000 yen atau setara Rp 633 jutaan. Agar lebih jelas, mari kita bedah satu per satu.

Model RZ ini memiliki output tinggi yang menawarkan stabilitas berkendara yang mengagumkan. Tak hanya itu, akselerasi yang luar bisa dan sensasi mesin putaran tinggi juga ada di model RZ ini. Selain itu, RZ dengan varian "High Performance" juga bakal hadir.

RZ memiliki mesin turbo tiga silinder segaris 1,6 liter yang menghasilkan tenaga sebesar 268 tenaga kuda dengan torsi maksimal 370 Nm. Mesin di seri RZ diklaim lebih ringkas, ringan dan berdaya tinggi. Mobil bertransmisi pamunial ini menggunakan sistem 4WD sport "GR FOUR" yang baru dikembangkan dengan sistem tenaga penggerak depan dan belakan variabel menggunakan kopling multi pelat Torsen.

Mobil ini juga memiliki LSD depan dan belakang untuk seri RZ High Performance. Model RC merupakan model yang ideal untuk menjadi bahan kompetisi dalam motor sports. Model RC ini mengadopsi model RZ dengan semua perlengkapan yang tidak diperlukan untuk mengemudi dibuang.

Menggunakan mesin G15E GTS 1,6 in live 3 silinder turbo serta berpenggerak 4WD manual. RC juga dibekali dengan disc brake 16 inci berfentilasi. Model RS ini merupakan model untuk driver yang ingin mengaspal dengan santai dan kasual.

Dibekali mesin M15A FKS 1.5 liter in line 3 silinder Dynamic Force Engine manual. Model ini memiliki direct shift CVT dengan tgigi tambahan untuk start up dan performa yang bertenaga serta responsif dari kecepatan rendah sampai tinggi. RS juga dilengkapi dengan shifter shiftmatic 10 kecepatan yang memberikan nuansa manual.

Model RS diklaim memiliki konsumsi bensi 18,2 km/L dalam mode WLTC. Mode WLTC adalah mode mengemudi internasioal yang terdiri dari alokasi waktu penggunaan rata rata dalam mode mengemudi di perkotaan, pedesaan, dan jalanraya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *