8 Manfaat Meniran Bagi Kesehatan, Bisa Cegah kanker

Manfaat meniran untuk kesehatan cukup banyak. Meniran atau Phyllanthus niruri merupakan tanaman liar yang kerap ditemui di jalan atau alam bebas. Meniran memiliki daun bulat yang berukuran kecil. Jika dilihat sekilas, daun meniran amat mirip dengan daun putri malu.

Bagian daun, batang daun, dan akar dari meniran sering digunakan sebagai obat herbal, yang dipercaya dapat mengatasi berbagi penyakit. Beragam manfaat meniran untuk kesehatan, di antaranya mengatasi batu ginjal, mengatasi tukak lambung, sebagai antioksidan yang kuat, mencegah virus, menjaga daya tahan tubuh, hingga mencegah peradangan.

Meniran dapat diolah menjadi suplemen dalam bentuk bubuk atau sirup. Dosis rata-rata untuk mengonsumsi ekstrak daun meniran yaitu satu kapsul 500 miligram per hari. Selain itu, daun meniran juga dapat dikonsumsi dalam bentuk teh seduhan. Meski memiliki banyak manfaat, konsumsi daun meniran juga memerlukan saran dari dokter.

Berikut ini manfaat meniran untuk kesehatan yang telah dilansir dari liputan6.com dan berbagai sumber.

1.Mengatasi Batu Ginjal

Manfaat meniran untuk kesehatan yang pertama yaitu mengatasi batu ginjal. Batu ginjal terjadi karena adanya materi keras menyerupai batu (berasal dari mineral dan garam) di dalam ginjal.

Batu ginjal ditandai dengan beberapa gejala seperti sakit saat buang air kecil, sering buang air kecil, hingga jumlah urin yang keluar sedikit atau bahkan tidak keluar sama sekali.

Meniran kerap dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk batu ginjal. Ekstrak tanaman meniran yang bersifat basa diketahui dapat mencegah serta mengatasi batu ginjal yang bersifat asam.

2. Mengatasi Tukak Lambung

Manfaat meniran untuk kesehatan yang kedua yaitu mengatasi tukak lambung. Gejala tukak lambung yakni sakit maag atau nyeri ulu hati.

Untuk mengatasi tukak lambung, banyak orang yang memanfaatkan daun meniran. Ekstrak daun meniran dipercaya dapat membunuh Helicobacter pylori (bakteri penyebab tukak lambung). Meski demikian, diperlukan penelitian lanjutan untuk manfaat ini.

3. Antioksidan yang Kuat

Dikutip dari Healthline, dalam sebuah studi in vitro 2014, disebutkan bahwa ekstrak yang terbuat dari daun meniran menunjukkan aktivitas antioksidan yang kuat.

Perlu diketahui, antioksidan dapat memperkuat kekebalan tubuh serta mencegah timbulnya penyakit. Antioksidan bekerja melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel.

4.Mencegah Virus dan Menjaga Daya Tahan Tubuh

Manfaat daun meniran untuk kesehatan berikutnya yaitu mencegah virus. Dalam sebuah studi di tahun 2013 yang meneliti efek dari empat spesies Phyllanthus pada virus herpes simplex dalam kultur sel, disebutkan bahwa daun meniran dapat memerangi infeksi tersebut.

Studi lain pun menunjukkan bahwa meniran dapat membantu mengobati infeksi lain seperti hepatitis B dan HIV. Daun meniran juga dapat menjaga daya tahan tubuh serta mencegah datangnya infeksi.

5. Mencegah Peradangan

Selain manfaat-manfaat di atas, daun meniran juga dapat membantu mengurangi peradangan. Peradangan dapat menyebabkan banyak masalah di seluruh tubuh, seperti nyeri, flu, hingga gangguan kulit.

Dalam beberapa penelitian, daun meniran disebut dapat membantu mengurangi peradangan dan memiliki efek seperti ibuprofen. Selain itu, meniran juga diteliti dapat mengurangi sekresi asam lambung serta melindungi perut.

6. Memiliki Sifat Antidiabetes

Manfaat lain dari meniran yaitu daun ini memiliki sifat antidiabetes. Kandungan dalam meniran disebut dapat membantu mencegah penyerapan glukosa serta meningkatkan penyimpanan glukosa, sehingga akan membantu tubuh menjaga kadar gula darah.

Selain itu, para peneliti juga menyimpulkan bahwa ekstrak meniran juga dapat membantu menurunkan gula darah puasa dan mencegah lonjakan gula darah.

7. Memiliki Sifat Antikanker

Selain memiliki sifat antidiabetes, meniran juga memiliki sifat antikanker. Dalam pengobatan tradisional, meniran dipercaya dapat mencegah tumbuhnya tumor baru pada manusia. Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk manfaat ini.

8. Mengatasi Penyakit Liver dan Gula Darah Tinggi

Manfaat meniran untuk kesehatan selanjutnya yaitu mengatasi penyakit liver. Seperti yang telah disebutkan di atas, meniran mengandung antioksidan yang tinggi. Antioksidan tinggi dalam meniran diketahui dapat membantu melindungi liver dari kerusakan liver akibat paparan radikal bebas.

Selain itu, antioksidan yang tinggi dalam meniran juga dipercaya mampu membantu mengontrol kadar gula darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *