7 Manfaat Minum Air Putih Hangat, Bisa Menurunkan Berat Badan

March 17, 2021 by No Comments

Minum air hangat, panas atau dingin akan membuat tubuh jadi sehat dan terhidrasi. Seperti diketahui, minum air yang cukup dapat mendukung kesehatan kulit, otot, dan sendi.

Meski begitu, banyak orang mengklaim bahwa air putih hangat secara khusus dapat membantu memperbaiki pencernaan, melegakan hidung tersumbat. Bahkan meningkatkan relaksasi, dibandingkan dengan minum air dingin.

Sebagian besar manfaat air putih hangat untuk kesehatan, didasarkan pada laporan anekdot. Karena baru sedikit penelitian ilmiah di bidang ini. Konon, banyak orang merasakan manfaat dari pengobatan air putih hangat. Terutama di pagi hari atau tepat sebelum tidur.

Saat minum air putih hangat, penelitian merekomendasikan suhu optimal antara 54 hingga 71 derajat celcius. Untuk meningkatkan kesehatan ekstra dan sedikit vitamin C, coba tambahkan sedikit lemon ke air panas untuk membuat air lemon.

Meskipun hanya ada sedikit penelitian ilmiah tentang manfaat air putih hangat, para pendukung kesehatan alternatif berpendapat bahwa air panas ini adalah cara mudah untuk meningkatkan kesehatan.

Berikut beberapa manfaat air putih hangat yang baik untuk kesehatan fisik, hingga jaringan tubuh dalam.

1. Meredakan Hidung Tersumbat

Secangkir air panas atau hangat menghasilkan uap. Menahan secangkir air dan menghirup uapnya secara lembut dapat membantu melonggarkan sinus yang tersumbat. Bahkan meredakan sakit kepala akibat sinus.

Saat hidung tersumbat, biasanya ada selaput lendir di seluruh sinus dan tenggorokan. Minum air putih hangat akan membantu menghangatkan area tersebut. Serta meredakan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh penumpukan lendir.

Berdasarkan riset yang dipublikasikan oleh National Institutes of Health (NIH), minum air hangat atau panas memberikan kelegaan yang cepat dan tahan lama dari hidung meler, batuk, sakit tenggorokan, dan kelelahan. Lebih efektif dari minum air dingin dan suhu kamar biasanya.

2. Membantu Pencernaan

Dilansir dari Healthline, minum air membantu menjaga sistem pencernaan tetap sehat. Saat air bergerak melalui perut dan usus, tubuh lebih mampu membuang limbah. Beberapa percaya bahwa minum air putih hangat sangat efektif untuk mengaktifkan sistem pencernaan.

Banyak yang beranggapan, bahwa air putih hangat dapat melarutkan makanan lebih mudah. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk membuktikan manfaat ini. Meski begitu, sebuah studi oleh NIH menunjukkan bahwa air hangat memiliki efek menguntungkan pada pergerakan usus dan pengeluaran gas setelah operasi.

3. Meningkatkan Fungsi Sistem Saraf Pusat

Saat tubuh kekurangan cairan akan berdampak negatif pada fungsi sistem saraf, yang pada akhirnya memengaruhi suasana hati dan fungsi otak. Berdasarkan studi mengutip dari Nature, menunjukkan bahwa air putih dapat meningkatkan aktivitas sistem saraf pusat, serta suasana hati.

Penelitian ini menunjukkan bahwa minum air putih akan meningkatkan aktivitas otak. Selama aktivitas yang menuntut dan juga mengurangi kecemasan yang mereka laporkan.

4. Meredakan Nyeri Saat Menstruasi

Manfaat air putih hangat ternyata berperan penting pula untuk meredakan nyeri saat haid atau dismenorrhea. Rasa nyeri dan kembung dapat dicegah dengan meminumnya, atau meletakkan di bagian perut bawah.

Mengutip dari Alodokter, minum air putih hangat menjadikan kondisi Anda lebih baik. Karena dapat merelaksasi otot yang kram. Ditambah lagi, konsumsi air hangat akan meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

5. Meningkatkan Sirkulasi

Dilansir dari Medical News Today, air hangat atau panas menjadi vasodilator. Maksudnya melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi. Ini dapat membantu otot rileks dan mengurangi rasa sakit.

Meski masih dibutuhkan penelitian lanjutan mengenai hal ini. Tapi minum air putih hangat disebutkan mampu memperbaiki secara singkat sirkulasi dan mendukung aliran darah yang lebih baik ke otot dan organ.

6. Mengatasi Kedinginan

Hal termudah saat menggigil karena kedinginan, tentu mengonsumsi yang hangat atau panas. Seperti dalam studi dalam jurnal NIH, menemukan bahwa respons alami tubuh dalam kondisi dingin adalah menggigil. Dan minum air hangat dapat membantu mengurangi rasa menggigil tersebut.

Para peneliti menemukan bahwa meminum air panas pada berbagai suhu, dengan cepat membantu subjek menjaga suhu tubuh mereka. Cara ini sangat tepat bagi orang yang bekerja atau berolahraga dalam kondisi dingin.

7. Penurunan Berat Badan

Sebuah penelitian dari NIH, mendukung gagasan bahwa minum lebih banyak air akan membantu menurunkan berat badan. Air membantu tubuh menyerap nutrisi, dan membuang limbah. Serta meningkatkan perasaan kenyang.

Dalam studi NIH lain, menemukan bahwa beralih dari minum air dingin ke air panas dapat meningkatkan penurunan berat badan. Peneliti menemukan bahwa minum 500 ml air sebelum makan meningkatkan metabolisme hingga 30 persen.

Meningkatkan suhu air hingga di atas atau setara 37 derajat celcius, menyumbang 40 persen peningkatan metabolisme. Peningkatan metabolisme ini berlangsung selama 30-40 menit, setelah konsumsi air.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *