Nah! Ini Dia Cara Mudah Buat Kartu Kredit Untuk Keperluan Belanja

Semakin maju teknologi, secara tidak langsung juga mempengaruhi kebiasaan masyarakat sehari-hari. Salah satu contohnya yaitu kebiasaan belanja online yang akhirnya juga mendorong keinginan untuk buat kartu kredit. Sebab dengan memiliki kartu kredit akan memudahkan transaksi online, serta dapat menikmati berbagai promo dari pembayaran via kartu kredit.

 

Salah satu alasan pembayaran via kartu kredit banyak diminati adalah promo bunga 0%. Terlebih lagi saat ini cara membuat kartu kredit juga kian mudah. Anda dapat apply kartu kredit secara online. Semua berkas yang diperlukan juga cukup dikirim via online dan pengajuan akan segera diproses. 

 

Salah satu jenis kartu kredit yang cukup populer di masyarakat yakni PermataShoppingCard. Selain syarat pengajuannya mudah, proses pengajuannya juga cepat.

 

Syarat Buat Kartu Kredit

 

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi jika Anda berkeinginan untuk buat kartu kredit. Baik syarat personal seperti batas umur dan juga syarat pengajuan yang bersifat administrasi. Sebagai contoh, berikut ini beberapa syarat yang harus Anda penuhi, sebagai cara membuat kartu kredit PermataShoppingCard.

  1. Persyaratan Personal

 

  • Usia pemegang kartu utama minimal adalah 21 tahun. Sedangkan bagi pemegang kartu tambahan minimal 17 tahun
  • Batas maksimal usia pemegang kartu utama yakni 65 tahun
  • Boleh WNI maupun WNA 
  • Batas minimal pendapatan Rp. 3.000.000,00/bulan

 

  1. Persyaratan Untuk Pengajuan

 

  • Menyertakan copy kartu kredit bagi yang sudah pernah memiliki sebelumnya
  • Untuk karyawan, menyerahkan KTP/Paspor bagi WNA, slip gaji dan surat keterangan kerja dari perusahaan atau ID Card
  • Untuk Wirausaha sama seperti karyawan, hanya saja surat keterangan kerja diganti dengan SIUP atau akta pendirian
  • Sementara bagi profesional, berkas yang harus diserahkan masih sama. Namun untuk ID card ataupun SIUP diganti dengan surat ijin profesi

 

Ada beberapa bank yang memberi persyaratan bagi calon pemegang kartu kredit harus sudah memiliki kartu kredit sebelumnya. Sementara untuk buat kartu kredit PermataShoppingCard sendiri, Anda tidak harus memiliki kartu kredit sebelumnya. Namun jika Anda memiliki tentu menjadi nilai tambah tersendiri.

 

Biaya dan Denda Kartu Kredit

 

Bagi Anda yang belum memiliki kartu kredit sebelumnya, sebelum memutuskan untuk apply atau buat kartu kredit maka wajib memahami biaya apa saja yang akan dibebankan pada Anda. Sebab penggunaan kartu kredit tidak hanya mewajibkan Anda membayar tagihan ada beberapa biaya lainnya. Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

  1. Biaya Tahunan

 

Untuk biaya tahunan atau annual fee ini yang umum diketahui pengguna kartu kredit. Biaya ini merupakan kompensasi atas beragam fasilitas juga keuntungan yang Anda peroleh dari penggunaan kartu kredit. 

 

Biasanya biaya berbeda-beda bagi tiap jenis kartu yang diterbitkan pihak bank, seperti classic, gold, platinum dan jenis lainnya. Semakin premium jenis kartu yang Anda gunakan, makin tinggi pula annual fee yang dibebankan. 

 

Sesuai contoh awal, kita jadikan PermataShopping Card sebagai contoh biaya juga denda yang perlu Anda ketahui. Biaya tahunan untuk tahun pertama PermataShoppingCard adalah free untuk kartu utama dan hingga 5 kartu tambahan. Sedangkan tahun berikutnya untuk tipe Gold dan Titanium sebesar Rp 350,000 atau pembelanjaan sebesar Rp 40,000,000 per tahun. Sedangkan Platinum Rp 600,000 atau pembelanjaan Rp 70,000,000 per tahun.

  1. Biaya Keterlambatan Pembayaran

 

Untuk PermataShoppingCard biaya keterlambatan pembayaran adalah 1% dari total tagihan atau min. Rp50,000.- dan max. Rp100,000. Namun tidak ada biaya admin untuk keterlambatan untuk pembayaran tagihan minimal 10 dari tagihan bulanan atau minimal 50 ribu rupiah.

 

  1. Biaya Penarikan Tunai

 

Biaya penarikan tunai (cash advance) untuk PermataShoppingCard sebesar 6% atau Rp80,000.-(mana yang lebih tinggi). 

 

  1. Biaya Bunga

 

Apabila Anda bertransaksi jual-beli secara kredit dengan kartu kredit tentu bank akan menerapkan sistem bunga. Dimana besar bunga kartu kredit ini telah diatur oleh BI yang dapat berubah sesuai kebijakan yang ada. Terhitung sejak 1 Mei 2020 BI menetapkan besaran bunga untuk kartu kredit turun dari 2,25% menjadi 2% per bulannya.

 

Selain keempat biaya di atas, masih ada beberapa biaya lain seperti biaya over limit, biaya notifikasi tagihan via sms, biaya cetak tagihan, biaya materai, penggantian kartu yang rusak serta administrasi lainnya. Dengan memahami rincian biaya tersebut, diharapkan agar Anda dapat mempertimbangkan saat ingin buat kartu kredit serta bijak dalam memanfaatkannya.

 

Keuntungan Menggunakan PermataShoppingCard

 

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika memiliki dan bertransaksi dengan PermataShoppingCard jenis Classic, seperti diantaranya:

 

  • SimplePay (cicilan 0%) hingga 12 bulan untuk transaksi online
  • Diskon di berbagai merchant online ternama
  • 5% cashback belanja online maksimal Rp 200,000 hanya dengan akumulasi transaksi online minimum Rp 3,000,000 setiap bulan (syarat ketentuan berlaku hingga 31 Desember 2021)
  • Lebih mudah dengan aplikasi mobile banking PermataMobile X, mulai dari cek tagihan atau limit, ubah transaksi menjadi cicilan SimplePay, pengajuan dana tunai, hingga pendaftaran kartu tambahan atau fitur berbagai pembayaran

Demikian sedikit ulasan tentang cara membuat kartu kredit juga keuntungannya. Mudahkan hidup Anda dengan buat kartu kredit agar lebih efektif dalam bertransaksi. Namun, jangan lupa untuk selalu bijak dalam penggunaannya agar tidak memberi masalah pada kondisi finansial Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *