Mesir Hadirkan Restoran Wisata Pertama di Kawasan Piramida Giza Tarik Wisatawan

Mesir membuka restoran wisata pertama di Piramida Giza. Restoran ini dibuka di Piramida Giza pada Selasa (20/10/2020) waktu Mesir. Hari ini, kami mengumumkan pembukaan restoran wisata pertama di area Panorama Dataran Tinggi Piramida," kata Menteri Pariwisata dan Kepurbakalaan Mesir Khaled Al Anany pada upacara pembukaan tersebut.

Dinamai " 9 Pyramids Lounge ", restoran itu merupakan hasil kerja sama antara Dewan Tertinggi Kepurbakalaan Mesir dengan Orascom Pyramids Entrainment (OPT), yang merupakan anak perusahaan dari grup Orascom Investment Holding (OIH). Restoran itu dibangun dengan nuansa kayu yang halus, dengan dudukan bantal yang ditata di atas tanah ala suku Badui. "Lokasi unik dari restoran ini menawarkan pemandangan seluruh piramida di Giza," kata Al Anany, seraya menekankan bahwa Mesir ingin membangun infrastruktur wisata dan arkeologi karena akan berdampak positif pada sektor pariwisata di negara yang kaya akan monumen itu.

Sementara itu, Naguib Sawiris, Pemimpin dan CEO OIH, mengatakan tujuan utama grupnya adalah meningkatkan layanan yang diberikan kepada para pengunjung piramida sembari melestarikan kawasan tersebut dari segala bentuk polusi, serta menciptakan pengalaman yang menarik bagi pengunjungnya. Diungkapkan Sawiris, dua restoran dan satu kafe baru lainnya akan diluncurkan pada awal 2021 mendatang di sebuah bangunan tua yang terletak di sisi barat laut dan menghadap ke arah tiga piramida. "Kami juga akan mengubah seluruh (moda) kunjungan menuju kawasan piramida menjadi bus listrik yang ramah lingkungan," imbuhnya.

Mesir, yang sejauh ini melaporkan lebih dari 100.000 kasus infeksi Covid 19, berupaya menarik wisatawan di tengah pandemi tersebut. Pada awal Juli lalu, Mesir kembali mengoperasikan penerbangan internasional setelah mencabut kebijakan jam malam parsial yang berlangsung beberapa bulan, serta membuka kembali restoran, kafe, teater, dan bioskop, juga hotel, museum, dan situs arkeologi, semuanya dengan kapasitas terbatas. Industri pariwisata, pilar utama pendapatan ekonomi dan hard currency Mesir, mulai menunjukkan tanda tanda pemulihan pasca gejolak politik selama bertahun tahun sejak revolusi Mesir pada 2011 yang menggulingkan mendiang presiden Hosni Mubarak.

Namun, negara itu akhir akhir ini mengalami pukulan berat akibat penyebaran pandemi Covid 19. Pada 2019, Mesir mencatat rekor pendapatan sebesar 13 miliar dollar AS dari sektor pariwisata saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *