Bamsoet Minta Pemerintah Lakukan Upaya Pencegahan Terhadap Berita Hoaks Soal Covid-19

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengungkapkan, terdapat sebaran 2.020 hoaks di berbagai platform digital, dan 1.197 diantaranya informasi hoaks yang terkait dengan Covid 19. Meresponi hal tersebut, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengimbau pemerintah dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) terus melakukan upaya pencegahan terhadap berita berita hoaks. "Hal tersebut dapat dilakukan melalui kerjasama langsung dengan berbagai platform digital, dengan memantau berita hoaks yang beredar di masyarakat," kata Bamsoet kepada wartawan, Selasa (20/10/2020).

Bamsoet juga mendorong Kemenkominfo bekerja sama dengan Kepolisian Unit Siber Crime untuk menindak, baik produsen maupun penyebar hoaks dengan melakukan take down atau blokir pada situs/akun yang terbukti melakukan penyebaran hoaks. "Hal ini sebagai upaya memberikan jaminan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang benar," ucap Waketum Partai Golkar ini. Bamsoet juga mendesak pemerintah memberikan bimbingan dan informasi bagaimana menilai suatu informasi yang baik dan benar bukan merupakan informasi hoaks kepada masyarakat.

"Diharapkan juga agar masyarakat untuk bijak dalam menerima dan mencerna informasi yang beredar di tengah masyarakat," ujar Bamsoet. Bamsoet menyarankan masyarakat, agar hanya mengakses informasi ataupun berita perihal penanganan Covid 19 dan seputar Covid 19 pada situs resmi milik pemerintah (www.covid19.co.id dan www.covid19.kemkes.co.id). "Kedua situs tersebut merupakan sumber berita yang valid dan akurat," pungkas legislator asal Dapil Jateng 7 ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *