Dokter Reisa Akan Tetap Mengedukasi Masyarakat Tak Lagi Tampil di Konferensi Pers Covid-19

Mulai Selasa (21/7/2020) Dokter Reisa Brotoasmoro tidak lagi tampil di layar kaca untuk memberikan informasi dan laporan harian Covid 19. Meskipun begitu Dokter Reisa Brotoasmoro masih tergabung dalam Satuan Tugas Penanganan Covid 19. Namun edukasi yang Dokter Reisa berikan tidak lagi melalui siaran langsung harian tapi dengan platform yang berbeda.

Hal ini diungkapkannya melalui akun Twitter @Reisa_BA pada Rabu (22/7/2020). Dirinya juga membenarkan jika Achmad Yurianto tidak lagi sebagai Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19. Jabatan tersebut kini diemban oleh Prof. Wiku Adisasmito.

Biasanya, dalam update corona sehari hari, Dokter Reisa dan Achmad Yurianto selalu tampil menyampaikan edukasi terkait virus corona kepada masyarakat. Ia akan merindukan momen bertemu dengan Achmad Yurianto dan melakukan konfrensi pers setiap hari. Dalam akun Instagramnya @reisabrotoasmoro, wanita kelahiran Malang ini juga mengunggah foto bersama Achmad Yurianto.

Dokter Reisa mengaku mendapat banyak pengalaman sebagai bagian dari Tim Komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19. Wanita 34 tahun ini merasa senang ketika menjalankan tugasnya dan kagum akan kersajama tim selama ini. Ia juga mengingatkan masyarakat untuk lebih waspada karena pandemi Covid 19 ini belum berakhir.

Lulusan Universitas Pelita Harapan ini berharap masyarakat mampu menjalankan adaptasi kebiasaan baru. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah membubarkan Gugus Tugas PercepatanPenanganan Covid 19. Fungsinya kini diemban oleh Satuan Tugas Penanganan Covid 19 yang berada di bawah koordinasi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

Satgas Covid 19 tetap dipimpin oleh Kepala BNPB Doni Monardo. Namun, terjadi pergantian posisi pada jabatan Juru Bicara (Jubir) Satgas Covid 19. Jika sebelumnyatugas sebagai jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 diemban olehAhmad Yurianto, kini setelah berganti nama menjadi Satgas Covid 19, posisi jubir dipercayakan kepada Prof. Wiku Adisasmito.

Prof. Wiku sebelumnya menjabat sebagaiketua tim pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19. Dikutip dari , Achmad Yurianto membenarkan jika dirinya sudah tidak menjabat sebaagai Jubir Satgas Covid 19. Hal itu disampaikannya saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (21/7/2020).

"Tadi sudah diumumkan Menko Perekonomian (Airlangga Hartarto)," ujar Yuri. Dengan demikian, kata Yuri, dalam penyampaian konferensi pers mengenai perkembangan penanganan Covid 19 pada Selasa sore akan dilakukan oleh Wiku Adisasmito. Saat disinggung soal tugas baru setelah selesai menjadi juru bicara pemerintah, Yuri hanya menegaskan akan berkonsentrasi sebagai Dirjen P2P Kemenkes.

"Saya fokus di P2P," tuturnya. Diketahui, Presiden Joko Widodo menunjuk Achmad Yurianto sebagai Juru Bicara untuk Penanganan dan Pencegahan Virus Corona pada 3 Maret 2020. Tugas Yuri adalah menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan virus corona.

Ia aktif memberikan pernyataan ke awak media, bahkan sejak virus corona belum terdeteksi di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *