Cara Bersihkan & Kupas Lobster ala Chef Arnold Juri MasterChef Indonesia

Lobster menjadi bahan dasar pada tantangan Duplicate Dish MasterChef Indonesia season 7 episode Sabtu (7/11/2020). Chef Arnold Poernomo mendemonstrasikancara mengolah lobstermenjadiBarbeque Lobster with Padang Consomme and Coconut Cream. Menariknya, Chef Arnold menunjukkan cara memisahkan daging lobster dari cangkangnya menggunakan peralatan yang biasa ada di dapur.

Sebelum mengolah lobster, cuci dulu menggunakan air mengalir. Tujuannya untuk menghilangkan sisa sisa pasir yang menemple pada lobster. Kemudian, letakkan di atas talenan.

Sementara itu, rebus air sampai mendidih. Daging lobster yang baru mati biasanya menempel di cangkang. Maka perlu air panas untuk memudahkan pengambilan daging lobster.

Masukkan lobster ke dalam mangkuk stainless steel, posisinya ekor di bagian bawah. Siram air panas sampai ekor terendam. Diamkan beberapa saat.

"Cuma disiram dengan air panas, bagian ekornya," ujar Chef Arnold di hadapan peserta MasterChef Indonesia season 7, Sabtu (7/11/2020). Letakkan lobster secara horizontal di atas talenan dengan kepala di bagian kanan. Ambil pisau, sebaiknya menggunakan yang besar mengingat cangkang lobster cukup keras.

Belah kepala lobster tetapi tidak sampai putus. Pegang bagian kepala dan ekor, putar dan tarik keduanya sampai terlepas. Sisihkan ekor lobster.

Letakkan kepala lobster di atas talenan, belah menjadi dua menggunakan pisau. Potong masing masing bagian menjadi 2. Chef Arnold memasukkan bagian kepala ke dalam tumisan bumbu.

Menurutnya, kepala lobster akan menambah rasa masakan. Saatnya mengeluarkan daging lobster dari ekornya. Tekan tekan ekor lobster sejenak. Chef Arnold menggunakan bantuan lap kain bersih ketika menekan lobster.

Menurut Chef Arnold, untuk membuka cangkang lobster bisa menggunakan pisau atau gunting. Lepaskan daging dari ekornya menggunakan jempol tangan, lakukan perlahan jangan sampai merusak daging. Untuk alternatif lainnya, dikutip dari BBCgoodfood.com , rebus lobster yang sudah mati dengan air garam selama 40 menit.

Kemudian lepas cakarnya, lalu belah menjadi beberapa bagian. Pecahkan cangkang lobster menggunakan palu, lalu keluarkan dagingnya. Lepaskan kaki dari tubuh, ratakan dengan punggung pisau dan gunakan sendok teh untuk mengambil dagingnya.

Selanjutnya, belah lobster menjadi dua bagian menggunakan pisau tajam dan besar. Lakukan dari sudut kanan ke tepi kepala dan tekan dengan kuat. Pastikan tubuh dan ekor terbelah. Kemudian potong kepala dengan cara yang sama, lalu pisahkan kedua bagian.

Keluarkan daging lunak dari cangkangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *