Ada Garam hingga Madu Bahan Alami yang Ampuh Bantu Redakan Pilek

Pilekbisa jadi salah satu penyakit langganan yang bisa menyerang kapan aja. Pilekmemang sukses bikin badan jadi lemas, batuk, bersin bersin sampai sakit kepala. Tapi tenang, enggak melulu dengan obat obatan, ada jugabahan alamiyang ampuh untuk redakanpilek, kok.

Bisa jadi alternatif pengganti obat obatan, bawang putih dan 4 bahan alami ini juga ampuh redakan pilek, lho! Dilansir dari hellosehat.com, berdasarkan studi dalam Jurnal Clinical Nutrition tahun 2012, bawang putih mengandungvitamin C dan senyawa allicin yang bantumenguatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit, dan mempercepat proses penyembuhan penyakitnya. Fyi, bawang putih sebagai bahan alami redakan pilek sangat efektif jika dimakan mentah.

Atau bisa juga kalau dicampur dengan masakan sehari hari. Salah satunya dengan mengolah bawang putih untuk campuran sup ayam. Kedua bahan tersebut ampuh redakan pilek, karena di dalam daging ayam juga terdapat zat yang disebutcarnosineyang membantu kurangi gejala pilek.

Banyakpenelitian yang menyatakan bahwa air garam dapat membantu mencegah pilek jadi semakin parah. Itu karena larutan garam dapat membantu mencairkan lendir yang lengket dan menempel di dinding hidung serta tenggorokan. Selain itu, buat kita yang sehat juga bisa berkumur dengan air garam untuk mencegah supaya enggak tertular pilek.

Caranya mudah banget, larutkan setengah sendok garam dalam satu gelas air hangat. Lalu, kumur dengan air garam selama beberapa detik dan buang airnya. Daun mint diketahui kaya kandungan antibakteri, anti inflamasi, dan menthol. Ekstrak daun mint juga diketahui memiliki cara kerja yang mirip seperti obat dekongestan, yang bantu cairkan lendir penyebab hidung mampet.

Selain itu, sensasi hangat dari menthol pada daun mint berfungsi melancarkan aliran udara dalam saluran pernapasan. Untuk redakan pilek, kita bisa campurkan 3 5 batang daun mint dengan air panas, kemudian diamkan selama 10 menit. Tambahkan madu untuk memberi rasa manis, kemudian minum. Atau dengan mengirup uap hangat dari racikan air panas dan daun mint segar atau kering, untuk melegakan hidung yang tersumbat.

Jahe diketahui mampu melemaskan otot saluran pernapasan untuk melegakan hidung tersumbat dan mengembalikan stamina saat sedang pilek. Enggak hanya itu, jahe juga memicu sistem imun tubuh bekerja lebih efisien sehingga mempercepat proses pemulihan. Sebagai obat pilek, kita bisa membuat wedang jahe dengan cara di geprek atau parut 1 2 ruas jahe yang sudah dicuci bersih, kemudian rebus hingga mendidih.

Saring air rebusan jahe itu dan minum saat hangat,girls. Biar rasa lebih enak, kita bisa tambahkan perasan lemon, gula merah atau madu. Terakhir,kita juga bisa mengonsumsi madu untuk mengatasi pilek.

Bersifat antimikroba, madu membantusistem imun tubuh lebih efisien melawan peradangan akibat pilek. Untuk meredakan pilek kita bisa minum langsung 1 sendok makan madu pada pagi dan malam hari. Bisa juga dengan melarutkan madu ke minuman hangat seperti teh atau air lemon.

Selalu ingat untuk jaga kesehatan, apalagi di tengah pandemi seperti sekarang ini ya,girls.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *