Valentino Rossi Tanya menuju Yamaha Jorge Lorenzo Seperti Makan Gaji Buta Kenapa

Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, memberi tanggapan terkait absennya Jorge Lorenzo dari tugasnya sebagai test rider. Yamaha mencuri perhatian pada awal tahun 2020 setelah merekrut Jorge Lorenzo sebagai pembalap penguji mereka di MotoGP. Meskipun hengkang dari Yamaha sejak 2017, Jorge Lorenzo dianggap memiliki gaya membalap yang paling sesuai dengan motor Yamaha.

Pembalap berjuluk Por Fuera itu pun diprediksi mampu membantu Yamaha mengembangkan motor YZR M1 agar kembali menjadi paket yang kompetitif. Namun begitu, Lorenzo justru menjadi pembalap penguji yang paling jarang nongol di lintasan sejauh ini. Lorenzo hanya turun satu kali saat tes pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia, pada Februari lalu.

Sesudahnya, pembalap asal Mallorca tersebut tak pernah terlihat mengendarai motor M1 selain dalam balapan virtual MotoGP. Yamaha sebenarnya telah mengagendakan beberapa tes privat dan jatah wild card bagi Lorenzo. Sayangnya, pandemi covid 19 mengacaukan rencana mereka. Yamaha dan Lorenzo pun tidak turun ketika pabrikan lain melakukan tes di Sirkuit Misano pada Juni lalu untuk menjajal aspal yang baru.

Hal ini menjadi kerugian bagi Yamaha karena mereka tak memiliki informasi sebagai bekal dalam persiapan melakoni seri balap MotoGP San Marino. MotoGP San Marino akan berlangsung di Sirkuit Misano pada akhir pekan ini, 11 13 September. Valentino Rossi sendiri mengaku tidak tahu menahu perihal alasan Yamaha tak menurunkan Lorenzo dalam tes privat.

"Saya mempunyai pertanyaan yang sama persis kepada Yamaha," ucap Rossi dikutip BolaSport.com dari Crash . "Saya sangat senang ketika saya tahu Jorge adalah pembalap penguji kami. Dia adalah salah satu pembalap terbaik dalam sejarah M1." "Saya pikir dia bisa banyak membantu kami seperti yang diperlihatkan Dani Pedrosa dengan KTM dalam satu tahun terakhir."

"Yamaha harus percaya dengan program ini tetapi sejujurnya saya tidak tahu. Beberapa hal yang terjadi di Yamaha sulit untuk dijelaskan, Anda harus bertanya kepada mereka." Valentino Rossi tidak menampik bahwa absennya Yamaha dari tes di Misano menjadi kerugian baginya. "Tentunya mulai besok kami harus memulai dari nol dengan aspal yang baru," kata pebalap tuan rumah tersebut.

"Saya mengetahui banyak tim seperti KTM dan Ducati sudah melakukan tes. Saya pikir balapan ini akan lebih sulit," katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *