Tanpa Oven Tak Perlu Diulen Resep & Cara Membuat Korean Garlic Bread

Korean Garlic Bread asal Korea Selatan belakangan jadi tren di Indonesia. Roti bundar dengan rasa bawang putih dan cream cheese ini bayak dibuat pada masa pandemi. Finalis MasterChef Indonesia, Devina Hermawan membagikan resep dan tips untuk membuat Korean Cheesy Garlic Bread lewat saluran Youtube pada Selasa (7/7/2020).

Uniknya resep korean cheese garlic bread dari Devina Hermawan ini memberikan alternatif panggang dengan panci jika tidak memiliki oven. Adonan roti juga tidak perlu diulen. Bahan cheese cream juga diganti oleh Devina dengan cheese bechamel agar lebih ekonomis.

1. Aduk semua bahan roti dengan menggunakan sumpit hanya sampai tercampur rata. Diamkan adonan minimal 2 jam tutup dengan plastik wrap atau serbet. 2. Setelah 2 jam, adonan akan tampak basah dan berongga karena gluten sudah terbentuk.

Beri taburan tepung diatas talenan atau meja lalu tuang adonan supaya tidak lengket. Tekan tekan adonan. Apabila sangat lengket diamkan lagi 15 menit, bisa juga mengoleskan minyak ke telapak tangan untuk membentuk adonan.

3. Bagi adonan menjadi empat bagian sama rata lalu bentuk menjadi bulat. dengan cara dicubit ke bagiah bawah. 4. Taruh adonan roti di atas loyang lebar dam ceper yang sudah diolesi minyak, lalu proofing (fermentasi final) diamkan selama 30 menit agar mengembang. 5. Setelah 30 menit, panaskan oven 220 derajat Celcius.

Buat goresan silang di atas roti dengan silet atau pisang kecil. Tujuannya agar ketika dipanggang roti megembang lurus. Panggang roti selama 15 menit. 6. Jika memanggang dengan panci, alasi dasar panci dengan loyang atau alas kukusan kemudian alasi dengan kertas roti masukkan roti.

Jika tak punya kertas roti, kamu bisa olesi loyang atau alas kukusan dengan margarin lalu taburi tepung. Jangan lupa tutup pancinya lalu masak dengan api sedang selama 15 20 menit. 1. Campurkan mentega cair, bawang putih dan parsley cincang, susu kental manis, madu, garam, merica dan telur lalu aduk rata.

2. Jika akan memanggang menggunakan panci, cara membuat garlic saucenya lelehkan butter lalu tumis bawang putih hingga wangi. Matikan api lalu tambahkan parsley cincang, garam, merica, susu kental manis dan madu, aduk rata dan tidak perlu menggunakan telur 3. Bagi dua garlic sauce, tambahkan saus sambal dan saus tomat di salah satunya lalu aduk rata.

1. Panaskan mentega dan tepung dalam wajan anti lengket lalu masak hingga tepung matang sambil terus diaduk, jangan sampai gosong. 2. Tambahkan susu, keju parut, garam, dan gula. Aduk hingga keju meleleh dan menyatu lalu matikan api. 3. Setelah dingin, pindahkan bechamel ke dalam piping bag atau plastik segitiga.

4. Belah roti menjadi 6 bagian sama rata tapi jangan sampai putus. 5. Semprotkan bechamel di setiap sisi roti, lalu oles dengan garlic sauce 3. Letakkan roti di loyang yang dialasi kertas roti, lalu panggang dengan suhu 220 derajat selama 10 15 menit 4.

Untuk memanggang yang menggunakan panci, alasi dasar panci dengan loyang atau alas kukusan, alasi dengan kertas roti masukkan roti dan tutup pancinya lalu masak dengan api sedang selama 10 15 menit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *