Piala Thomas 2020 – Pelatih Tunggal Putra Malaysia Beri Jaminan Posisi Lee Zii Jia

Hendrawan selaku pelatih tunggal putra Malaysia telah memberikan jaminan aman terhadap posisi Lee Zii Jia dalam skuad Piala Thomas 2020. Pernyataan tersebut disampaikan Hendrawan agar Lee Zii Jia tidak terlalu merasa tertekan untuk meraih hasil sempurna dalam turnamen internal yang diadakan BAM. BAM yang merupakan asosiasi bulu tangkis Malaysia rencananya akan menggelar turnamen bertajuk BAM Invitational Championship.

Turnamen tersebut rencananya akan digelar mulai tanggal 12 16 Agutus 2020. Selain itu, turnamen tersebut seakan seperti menjadi ajang seleksi bagi pelatih Malaysia untuk menentukan komposisi pemain dalam tim Negeri Jiran yang berlaga di Piala Thomas 2020. Alhasil siapapun yang gagal dalam perhelatan turnamen tersebut bisa jadi tidak akan dipertimbangkan oleh tim pelatih.

Hanya saja khusus bagi Lee Zii Jia, Hendrawan telah menjamin posisinya akan tetap masuk dalam skuad Malaysia terlepas dari apapun hasilnya nanti. "Saya sempat berbicara dengan Zii Jia, untuk tidak terlalu memikirkan faktor eksternal tapi harus bermain untuk dirinya sendiri," kata Hendrawan dilansir New Straits Times. "Soal kondisi, dia akan baik baik saja, tetapi soal mental? Dia mungkin khawatir akan mendapat kritik jika kalah dari rekan senegara yang peringkatnya lebih rendah."

"Saya beri tahu, bermain dengan rekan setim lebih sulit dari yang dibayangkan. Anda selalu bermain bersama mereka sampai semuanya tahu teknik anda." Pahwalan Indonesia di Piala Thomas 2002 itu meminta Lee Zii Jia untuk bermain lepas pada turnamen internal BAM. "Saya tidak ingin Zii Jia bermain dalam tekanan. Begini saja, turnamen tidak akan memengaruhi posisinya di skuat Piala Thomas. Semua orang tahu itu," ucap Hendrawan.

"Saya tidak ingin Zii Jia bermain dalam tekanan. Begini saja, turnamen tidak akan memengaruhi posisinya di skuat Piala Thomas. Semua orang tahu itu," ucap Hendrawan. Terjaminnya posisi Lee Zii Jia menyisakan tiga tempat bagi pemain tunggal putra di tim Piala Thomas Malaysia. Beberapa nama akan memperebutkan tiga tempat tersebut adalah Cheam June Wei, Daren Liew Daren, dan Soong Joo Ven.

Hendrawan penasaran dengan permainan Daren Liew yang merupakan peraih medali perunggu Kejuaraan Dunia 2018. "Daren sejauh ini adalah pemain yang lebih punya pengalaman, tapi Zii Jia tidak sama seperti dahulu kala," tutur Hendrawan. "Saya senang mereka bisa dipasangkan untuk bertanding satu sama lain, karena tidak pernah mengira bisa melihat mereka bertanding di turnamen resmi."

"Terlepas dari semua itu, saya ingin melihat para pemain bisa beradaptasi dengan situasi saat ini," sambung Hendrawan. Malaysia tergabung bersama Indonesia di grup yang sama pada Piala Thomas 2020. Dua negara serumpun itu masuk ke Grup A bersama Belanda dan Inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *