Kemendag Dorong Penguatan UMKM dari Sisi Kemasan & Kapasitas Produk

Kementerian Perdagangan (Kemendag) melakukan penguatan produk, desain kemasan, serta peningkatan kapasitas saat masa pandemi corona atau Covid 19 untukUsaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengatakan, pihaknya juga mendorong peningkatan manajemen sumber daya manusia (SDM), kemitraan dengan ritel modern, dan juga market place. "Kami akan terus mendukung dan memfasilitasi pemesanan produk, baik di dalam maupun di luar negeri. Pada prinsipnya, kami ingin menyampaikan bahwa pemerintah dalam hal ini Kementerian Perdagangan selalu akan mendukung segala jenis kreasi, segala jenis upaya, dan juga segala jenis usaha," ujarnya saat webinar, Senin (24/8/2020).

Pprinsipnya adalah bagaimana Kemendag bisa menginovasi, menumbuhkan keanekaragaman, serta ketersediaan dan produktivitas UMKM. "Hal itu saya pikir kaitannya erat dengan Kementerian Perdagangan walaupun banyak juga melibatkan lintas kementerian dan juga lembaga. Namun, karena kami ini berorientasi pada bagaimana kita bisa menciptakan sebuah permintaan, juga sebuah pasokan, dan produktivitas baik," kata Jerry. Menurutnya, satu sektor penting untuk menjadi pendorong hal hal tersebut adalah sektor pangan hingga bisa menjadi andalan ekspor.

"Kalau kita lihat bagaimana kita bisa menjadikan pangan sebagai satu produk ekspor. Kami pikir ini akan menjadi sangat strategis, krusial, dan juga akan menjadi sangat potensial untuk kita bisa meningkatkan neraca perdagangan," kata dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *