Kesehatan

Jangan Sampai Tak Diketahui! 8 Obat Tradisional Alami buat Atasi Sakit Gigi Berlubang

Tak bisa dipungkiri sakit gigi akibat gigi berlubang memang sangat mengganggu aktivitas. Biasanya sakit gigi muncul ketika saraf pada gigi mengalami iritasi. Rasa sakit pada gigi yang bisa datang sewaktu waktu atau terjadi secara konstan.

Selain itu, rasa sakit gigi juga bisa semakin parah ketika makan atau minum, terutama jika makanan atau minuman yang dikonsumsi terlalu panas atau dingin. Berobat ke dokter memang cara terbaik untuk mengatasi sakit gigi. Namun tahukah bahwa ada beberapa obat tradisional dari bahan rumahan yang bisa membantu mengatasi sakit gigi.

Garam memiliki sifat dapat menyerap air sehingga efektif untuk menyerap bakteri jahat dalam mulut. Pasalnya, bakteri berkembang biar di lingkungan yang asam. Saat kondisi mulut kering, maka bakteri penyebab sakit gigi tidak bisa bertahan hidup.

Selain itu, berkumur juga bisa membantu menghilangkan sisa makanan yang terselip di sela gigi. Riset membuktikan, senyawa eugenol dalam cengkeh dalam menghilanglan rasa sakit secara alami, termasuk sakit gigi Untuk menggunakannya sebagai obat sakit gigi, kita bisa menggigit batang cengkeh di area gigi yang sakit selama beberapa saat.

Kita juga bisa menggunakan bola kapas yang dicelup ke minyak cengkeh dan menempelkannya pada gigi yang sakit. Menurut penelitian, daun jambu biji dapat membantu meredakan rasa nyeri pada gigi dan peradangan akibat penyakit periodontitis. Kita bisa menggunakan daun jambu biji sebagai obat sakit gigi dengan mengunyah satu hingga dua lembar daun sampai airnya keluar, lalu mengoleskan sari sari daun dengan lidan pada gigi yang sakit.

Selain itu, kita juga bisa merebus empat hingga lima lembar daun jambu biji dan meminum air rebusan tersebut dengan menambahkan sejumput garam. Bawang putih dapat meredakan rasa nyeri dengan membunuh bakteri penyebab infeksi gigi. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kita bisa mengunyah bawang putih mentah selama beberapa menit di sisi mulut yang giginya nyut nyutan.

Kita juga bisa menggunakan irisan tipis bawang putih atau menghaluskannya dan menempelkan di area yang sakit. Suhu dingin dari es batu dapat mengebaskan saraf pemicu nyeri sehingga bisa meredakan rasa sakit untuk sementara waktu. Selain itu, sensasi dingin pada es batu dapat merangsang penyempitan pembuluh darah di wajah dan memperlambat aliran darah menuju lokasi cedera.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, masukkan beberapa bongkah es batu ke dalam plastik kemudian lapisi lagi dengan waslap tipis. Tempelkan kompres pada bagian pipi yang terasa sakit selama 15 menit. Merica tidak hanya bahan dapur semata namun dapat membantu mengatasi sakit gigi akibat gigi berlubang.

Ditambah garam, keduanya dicampur ke dalam air hangat. Setelah itu diaduk sampai kental lalu tempelkan pada gigi berlubang selama 15 menit. Sama dengan merica, cabe rawit juga mampu mengobati sakit gigi pada gigi berlubang.

Mengingat cabe rawit mengandung senyawa capcasain. Larutkan cabe rawit dalam air hangat lalu tuangkan ke kapas. Setelah itu diperas di area gigi berlubang.

Fungi jeruk nipis ada banyak. Seperti membantu merawat kulit wajah. Selain itu juga bisa mengobati sakit gigi akibat gigi berlubang . Cukup diperas langsung di area gigi berlubang .

Memang sedikit perih mengingat ada rasa asam di dalamnya. Tapi jeruk nipis ini dengan cepat membantu mengurangi rasa sakit.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *