Ini 4 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Menginap di Hotel Di Tengah Pandemi

Sudah setengah tahun Indonesia berada di tengah pandemi virus corona. Agar perekonomian tetap berjalan, pemerintah telah mengupayakan berbagai cara. Termasuk dengan menerapkan adaptasi kebiasaan baru alias new normal.

Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah menerbitkan pedoman layanan untuk hotel dan restoran. Nah, untuk kamu yang merencanakan liburan ada hal hal mendasar yang harus diketahui. Terutama jika kamu memutuskan untuk berlibur dalam jangka waktu tertentu, penginapan atau hotel harus diperhatikan.

Salah satunya dengan mamatuhi protokol kesehatan seperti mengecek suhu tubuh, cuci tangan dengan sabun hingga mengenakan masker. Sementara itu pihak pengelola juga harus rutin melakukan pembersihan dan pengecekan berkala untuk para stafnya. Selain itu masih ada hal hal yang harus diperhatikan agar keamanan oleh para calon penginap.

Apa saja? Berikut ini hal hal yang harus diperhatikan jika hendak menginap di hotel saat pandemi. Pertama yang harus diketahui adalah soal protokol kesehatan yang diterapkan oleh pihak hotel. Kamu bisa mencari informasi tersebut melalui website resmi hotel yang akan kamu inapi.

Cara lain adalah dengan menghubungi pihak hotel melalui sambungan telepon atau media sosialnya. Setelah mengetahui protokol yang diterapkan, kamu harus mematuhinya. Jika kamu sudah mengetahui protokol kesehatan yang diterapkan kamu bisa mulai

Nah, selama masa pandemi alangkah lebih baik jika melakukan pemesanan alias secara online. Selain lebih praktis, biasanya banyak promo yang bisa kamu dapatnya. Kapan lagi bisa ?

Yang terpenting, transaksi secara online dapat meminimalisir penularan virus corona. Karena cara ini bisa mengurangi kontak antara tamu dan staf hotel. Termasuk virus yang ditransmisikan melalui uang, kartu perbankan, pena, maupun dokumen identitas.

Dalam kondisi seperti ini, menghabiskan banyak waktu di kamar bisa dikatakan pilihan terbaik. Untuk itu hindari area publik seperti lounge dan patio. Hindari juga fasilitas kolam renang, fitness center hingga sauna.

Apabila terpaksa bertemu kolega di area publik sebaiknya tetap patuhi protokol kesehatan yang berlalu. Memakai masker, jaga jarak dan hindari kontak fisik. Selain itu hindari lift, usahakan menggunakan tangga jika memungkinkan.

Terakhir, tidak ada salahnya mengulangi prosedur disinfeksi yang tentu sudah dilakukan pihak hotel. Hal ini untuk memastikan kamu bisa menginap di hotel dengan tenang. Saat pertama kali memasuki kamar, lakukan disinfeksi pada benda yang sering disentuh.

Misalnya seperti kenop pintu, toilet, remote AC dan TV, tombol lampu. Jika hanya menginap 1 2 malam, sebaiknya hindari menggunakan jasa pembersihan kamar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *