BUMN Akan Prioritaskan Pembelian Barang & Jasa buat Produk UMKM Teten

Pemerintah akan melakukan pembelanjaan terhadap produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), melalui Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, langkah ini sebagai upaya untuk menyelamatkan sektor UMKM disituasi sulit. Teten menyebutkan, pihaknya bersama dengan Menteri BUMN Erick Thohir telah menjalin komitmen untuk membelanjakan barang dan jasa di bawah Rp 14 miliar untuk produk UMKM.

"kami ada kerjasama dengan pak Erick, melalui pasar digital UMKM dan saya kira belanja BUMN di bawah Rp 14 miliar akan diprioritaskan untuk produk UMKM," kata Teten dalam konferensi pers virtual, Minggu (30/8/2020). Selain itu Teten juga menyebutkan, saat ini sudah ada 9 BUMN yang siap melakukan inisiasi pembelanjaan tersebut. "Kemudian BUMN lainnya secara bertahap akan mengikuti, dan tentunya nanti akan didorong oleh Kementerian BUMN dapat membeli produk UMKM," katanya.

Menurut Teten, ada beberapa produk UMKM yang bisa dibeli BUMN seperti mulai dari produk alat tulis dan keperluan kantor, hingga penggunaan jasa event organizer. "Kemudian bisa juga produk UMKM seperti layanan katering dan snack, pengadaan souvenir atau merchandise," kata Teten.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *