4 Jenis Bahan terbaik untuk Membuat Masker kain

Pada awal masa pandemi COVID-19 masker hanya diperuntukkan bagi kalangan medis dan orang yang sedang sakit saja. Namun sekarang masyarakat juga menggunakan masker saat keluar rumah. Masyarakat umum disarankan untuk menggunakan masker kain atau masker fullprint. Nah berikut merupakan beberapa rekomendasi jenis kain terbaik untuk masker kain.

  1. Kain Katun Tebal

Katun merupakan salah satu bahan terbaik yang sering digunakan untuk membuat masker kain. Meski demikian perlu untuk diingat jika tidak semua bahan katun itu sama. Keefektifan kain katun bergantung banyaknya jumlah erat atau tenunannya. Serat-serat kecil inilah yang mampu memblokir partikel virus.

Memang masih ada banyak sekali jenis kain selain kain katun yang lebih efektif. Namun salah satu keunggulan yang dimiliki kain katun adalah kemudahan bernapas. Bahkan masker kain yang terbuat dari kain katun cenderung lebih mudah digunakan untuk bernapas dibandingkan masker medis yang sulit untuk bernapas saat digunakan.

  1. Kain Nilon

SelaIn kain katun, kain nilon juga merupakan salah satu jenis kain yang bisa digunakan untuk membuat masker. Kain nilon sendiri mampu menyaring 77% partikel besar dan 12% partikel kecil. Tak hanya itu saja, jenis kain ini juga cenderung mudah untuk bernapas saat digunakan.

Menurut sebuah penelitian Universitas Northeastern, kain Nilon dapat digunakan untuk lapisan tambahan masker kain untuk meningkatkan kinerja masker sebesar 15 sampai 50 persen. Jadi kain nilon juga merupakan salah satu jenis bahan yang bisa Anda pilih untuk membuat masker kain.

  1. Kombinasi Katun dan Sifon, Sutra atau Flanel

Kain katun memang merupakan pilihan praktis dan terbaik yang bisa Anda dapatkan. Meski demikian Anda juga bisa menggabungkan kain katun dengan kain non katun untuk bisa menghasilkan masker yang jauh lebih efektif.

Untuk membuat masker kain yang efektif Anda bisa menggunakan 1 lapis kain katun tebal yang dikombinasikan dengan 2 lapis kain sutera. Tak hanya itu saja Anda juga bisa mengombinasikan 2 lapis kain sifon yang dipadukan dengan 1 lapis kain flanel. Kain non katun memiliki sifat elektrostatika yang mampu menghasilkan muatan untuk menangkap virus.

  1. Tisu Handuk

Banyak yang menyarankan untuk memasukkan filter kopi di antara lapisan masker kain. Namun ternyata hal ini membuat beberapa orang menjadi kesulitan bernapas. Sebagai penggantinya, Anda bisa menambahkan tisu handuk agar masker kain dapat bekerja lebih efektif.

Penggunaan kain tisu handuk meningkatkan penyaringan partikel cenderung lebih nyaman dibandingkan dengan filter kopi. Satu lapisan kain tisu handuk mampu menyaring hingga 23 persen partikel berukuran 0,3 mikron. Sedangkan 2 lapisan kain tisu handuk mampu menyaring bakteri hingga 33 persen.

Nah itu dia beberapa rekomendasi jenis bahan terbaik yang bisa Anda gunakan untuk membuat masker kain. Menariknya kini Anda juga bisa membuat masker kain dengan desain sendiri untuk menunjang penampilan lo. Custom.co.id merupakan tempat jual masker kain dengan desain sendiri yang bisa Anda coba. Hasilnya dijamin memuaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *