Tips Mengatasi Bibir Kering saat Berpuasa, Tetap Penuhi Kebutuhan 8 Gelas Air per Hari!

Bibir kering menjadi salah satu keluhan orang orang yang sedang berpuasa. Saat berpuasa, kita tak boleh makan dan minum lebih dari 12 jam. Kurangnya asupan makanan dan minuman saat berpuasa membuat permukaan kulit, terutama bibir menjadi kering.

Tak hanya kering, bahkan permukaan bibir bisa sampai pecah pecah hingga terluka. Untuk mengatasi dan mencegah bibir kering dan pecah pecah saat berpuasa, lakukan 6 tips ini. Scrub atau lukur bibir berfungsi mengeksfoliasi atau mengangkat sel sel kulit mati di permukaan bibir.

Setidaknya lakukan scrub bibir seminggu sekali dengan produk scrub khusus bibir. Atau, kamu juga bisa menggunakan sikat gigi. Caranya, basahi bibir dengan air hangat dan gosok bibir dengan sikat gigi yang lembut.

Lakukan perlahan agar tidak melukai bibir. Lebih baik lagi, gunakan produk scrub untuk bibir, biasanya berbentuk seperti lip balm. Kulit mati dan kulit kering akan lebih mudah mengelupas, sehingga akan membentuk kulit baru yang sehat di bibir.

Untuk menghindari bibir kering, kamu bisa menggunakan lip balm atau pelembab bibir. Pilih pelembab bibir yang mengandung minyak alami dan SPF. Konten SPF ini bisa mengurangi terjadinya bibir kering.

Saat sahur dan berbuka, kamu harus mengurangi jumlah konsumsi makanan pedas dan asin. Makanan yang terlalu pedas dan asin akan membuat cepat haus. Dengan begitu, mulut dan bibir akan cepat kering.

Membasahi bibir dengan air liur membuat bibir lebih cepat kering. Awalnya terlihat segar dan basah, tetapi setelah beberapa menit bibir akan menjadi lebih kering dari sebelumnya. Madu adalah bahan alami yang efektif untuk mengatasi bibir kering dan pecah pecah.

Selain memakannya, kamu juga bisa mengoleskanmadu di bibir. Jadi, oleskan madu sebelum tidur, dan angkat lagi saat makan selesai. Kebutuhan air minum harus selalu terpenuhi, terutama saat puasa.

Penuhi asupan cairan tubuh dengan minum air putih yang cukup. Tubuh kita memerlukan asupan air sebanyak 8 gelas per hari. Berpuasa selama lebih dari 8 jam mungkin membuat kita kesulitan dalam mengatur pola minum.

Jangan khawatir!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *