Tak Hanya Gunung Taal di Filipina, 5 Gunung Ini Disebut Paling Aktif di Dunia

Gunung Taal yang meletus pada Senin (13/1/2020) menjadi perhatian dunia karena letusannya bisa berpotensi tsunami. Gunung Taal adalah satu gunung terendah di dunia dengan ketinggian 311 meter. Gunung Taal berada di sebuah danau di Pulau Luzon, Filipina. Gunung Taal ini merupakan gunung paling aktif dan berbahaya di Filipina. Di bagian kaldera Gunung Taal terdapat sebuah pulau kecil berbatu yang kemudian disebut sebagai Vulcan Point. Selain Gunung Taal ini ada beberapa gunung teraktif di dunia yang kadang kala sangat berbahaya dikunjungi wisatawan.

Mauna Loa adalah gunung berapi terbesar di Bumi. Mauna Loa telah meletus selama 700.000 tahun terus menerus. Terakhir gunung ini meletus pada 1984. Eyjafjallajokull meletus paling baru yakni pada 2010. Asap abu dari letusan ini menyebabkan krisis lalu lintas udara global yang menyebabkan banyak penerbangan dialihkan atau dibatalkan. Gunung Vesuvius terletak hanya 9 kilometer dari kota Naples, Italia. Kedekatan ini berarti Naples adalah wilayah yang paling padat penduduknya dengan aktivitas gunung berapi di mana saja di dunia.

Gunung Nyiragongo memiliki satu danau lava terbesar di zaman modern di dalam kawah utamanya. Gunung Nyiragongo bertanggung jawab atas sekitar 40 persen dari semua letusan di Afrika. Siapa tak kenal dengan Gunung Merapi di Jogja dan Jawa Tengah. Gunung Merapi adalah gunung paling aktif di Indonesia dan terus meletus hingga beberapa tahun terakhir. Namun, letusan yang paling dahsyat dalam satu dekade ini adalah tahun 2010.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *