Sondang Tampubolon dan Kader PDIP Ajak Masyarakat Jaga Kelestarian Lingkungan

Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Sondang Tiar Debora Tampubolon mengajak masyarakat agar menjaga kelestarian lingkungan dengan cara melakukan penghijauan, penanaman pohon dan mencintai bumi. Himbauan positif tersebut diserukan Sondang di sela sela kegiatan menanam pohon di daerah aliran Sungai (DAS) Citarum di kawasan Cipageran, Cimahi Utara, Cimahi, Jawa Barat, Minggu (2/2/2020). Hadir pula anggota DPR RI, Sihar Sitorus, Sonny Danaparamita, pengurus daerah PDIP, dan didukung pemerintah daerah setempat.

Kegiatan yang digelar bersama sejumlah kader PDIP ini, merupakan kado istimewa untuk Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang berulang tahun ke 73, pada 23 Januari 2020 lalu. "Kami kader kader PDIP, dalam rangka memperingati hari ulang tahun Ibu Ketua Umum PDIP Ibu Hajah Megawati Soekarnoputri, kami melakukan gerakan menanam pohon, mencintai bumi, menghijaukan bumi yang kita injak," ungkap Sondang. Megawati, kata Sondang, memang kerap menyerukan agar masyarakat menjaga bumi, bukan hanya mengeruk keuntungan dari situ. Semangat inilah yang coba digelorakan kader partai berlambang kepala banteng kepada masyarakat, melalui aksi yang dinamakan Gerakan Mencintai Bumi ini.

"Di mana Ibu Ketua Umum Ibu Hajjah Megawati Soekarnoputri mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bagaimana mencintai bumi yang kita tinggali, tidak hanya dieksploitasi. Tadi di daerah Cipageran, Cimahi di daerah aliran Sungai Citarum kami menanam pohon, ada banyak pohon yang ditanam," katanya. Sondang lebih lanjut mengatakan bumi sebagai 'rumah' bagi semesta alam jangan hanya dieksploitasi. Tetapi harus dijaga kelestariannya agar terjadi keseimbangan ekosistem. "Kita harus mengambil pelajaran penting dari bencana yang kerap melanda. Bencana yang muncul seperti banjir terjadi karena ulah manusia sendiri yang terlalu mengeksploitasi bumi tanpa merawat dan menjaga kelestariannya," tandas Sondang.

Sondang berharap gerakan mencintai bumi semakin meluas, dan melibatkan lebih banyak elemen masyarakat. Sehingga manfaat yang dihasilkan akan lebih besar. "Harapannya masyarakat bisa ikut melakukan gerakan ini. Kalau kita bayangkan penduduk Indonesia 250 juta lebih, satu orang menanam satu pohon akan ada 250 juta pohon yang tertanam setiap tahunnya. Kita berharap dengan kembali ke alam dan melakukan penghijauan. Alam Indonesia menjadi sahabat bagi semua orang," tutur anggota Komisi VI DPR ini. Adapun gerakan yang mengajak semua pihak untuk senantiasa hidup bersih, merawat lingkungan, membersihkan hutan, menjaga mata air, serta menanam pohon ini, serentak digelar kader PDIP se Indonesia pada hari ini.

Berbagai jenis pohon ditanam Sondang, kader dan pengurus PDIP di sekitar DAS Citarum. Mereka berharap kawasan itu semakin hijau, dan mampu menjadi sumber resapan air baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *