Shin Tae-yong Ingin Timnas Indonesia U-19 Latihan di Korea Selatan, PSSI Maunya di Jakarta

PSSI dan pelatih Shin Tae yong berbeda pendapat soal lokasi pemusatan latihan TimnasIndonesiaU 19. Seperti diketahui, lokasi pemusatan latihan menjadi masalah krusial mengingat pandemi viruscorona atau Covid 19 belum menyusut. Pemusatan latihan TimnasIndonesiaU 19 kini menjadi perdebatan dua belah pihak antara ShinTae yong dengan PSSI.

Shin Tae yong dan PSSI memiliki pandangan berbeda tentang lokasi yang tepat untuk menggelar latihan lanjutan bagi TimnasIndonesiaU 19. Shin Tae yong selaku pelatih kepala Timnas Indonesia ingin skuad Garuda Muda menggelar latihan di Korea Selatan. Pria asal Korea Selatan itu punya alasan kuat agar TimnasIndonesiaU 19 dapat menggelar latihan di kampung halamannya.

Menurutnya, TimnasIndonesiaU 19 akan lebih aman menggelar latihan di Korea Selatan mengingat wabah viruscorona menjadi ancaman serius di Indonesia. Berdasarkan data pemerintah RI hingga Rabu (17/6/2020), jumlah kasus Covid 19 di Indonesia telah mencapai 41.431. Adapun pertambahan kasus positif viruscorona di Indonesia menembus angka sekitar 1.000.

Sementara itu, di Korea Selatan, kasus viruscorona relatif sudah terkendali hingga masyarakat bisa berkegiatan di luar rumah. "Saya sudah memberikan road map kepada PSSI, terlebih Korea Selatan sudah aman sehingga saya harap saya bisa membawa para pemain ke sini dan berlatih selama kurang lebih sebulan," tutur ShinTae yong, seperti dilansir Bolasport.com dari Yonhap News , Selasa (16/6/2020). "Saya meminta pendapat dari PSSI tentang rencana ini. Saya sudah menyusun road map ini dan akan memperjuangkannya," ujarnya lagi.

Di sisi lain, PSSI memiliki pandangan lain terkait tempat latihan yang cocok untuk TimnasIndonesiaU 19. Melalui Direktur Tekniknya, Indra Sjafri, PSSI memilih Indonesia sebagai tempat pemusatan latihan. “Hasil virtual meeting kami dengan coach Shin, melihat kondisi pandemi yang seperti ini, kami harus berhati hati mencari tempat pemusatan latihan,” ucap Indra Sjafri kepada wartawan.

Sama sama mempertimbangkan wabah viruscorona, PSSI menyebut, menggelar latihan di Indonesia memberikan manfaat untuk mempersiapkan dua tim sekaligus, yakni Timnas Indonesia senior dan TimnasIndonesiaU 19. Selain itu, PSSI berpendapat bahwa jajaran staf pelatih Timnas Indonesia bisa banyak terlibat jika pemusatan latihan digelar di Indonesia. “Kalau pindah negara dengan jumlah pemain dan ofisial yang banyak akan sulit dilakukan,” kata Indra.

“Maka dari itu, kami dari PSSI berharap bisa menggelar TC di Jakarta. Sekaligus coach Shin mempersiapkan TC senior juga," ujar dia lagi. Rencananya, PSSI mengadakan rapat kembali untuk menyatukan visi atas dua perbedaan ini bersama ShinTae yong pada 18 Juni nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *