Sampaikan Pujian Ini Kim Jong Un Berikan Ucapan Selamat Hari Ulang Tahun ke-75 Indonesia

Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan yang ke 75 pada hari Senin 17 Agustus 2020. Beberapa pemimpin negara lain pun turut memberikan ucapan selamat. Salah satunya pemimpin tertinggiKorea Utara(Korut)Kim Jong Un.

Ia mengirimkan pesan ucapan selamat merayakan hari kemerdekaan kepadaPresiden Joko Widodo(Jokowi). Kim mengungkapkan ucapan selamat yang hangat kepada Jokowi dan rakyatIndonesia. Hal itu ia sampaikanlewat lamanresmi Kementerian Luar Negeri Korea Utara.

Kim tidak hanyamengucapkan selamat atas hari ulang tahun (HUT) ke 75 Indonesia. Iajuga memuji kemajuan Indonesia dalam mengembangkan perekonomian dan kebudayaan nasional. “Serta membangun masyarakat yang sejahtera di bawah panji kedaulatan, kemerdekaan, dan non blok yang ditinggikan,” kata Kim.

Melalui pesannya, Kim turut mengekspresikan keyakinannya atas persahabatan dan kerja sama yang terus terjaga antara Korut dan Indonesia sesuai dengan tuntutan zaman. Selain Kim, para pemimpin negeri negeri muslim juga mengucapkan selamat hari kemerdekaan ke 75 kepada Indonesia. RajaArab SaudiKe 7,Raja Salmanbin Abdulaziz Al Saud memberikan ucapan selamat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Selain itu, ada jugaPutra MahkotaMuhammad Bin Salman. Dilansir dariSaudi Gazette, Minggu (16/8/2020), Raja Salman dan Putra Mahkota Arab Saudi berharap Jokowi selalu sehat dan bahagia. Keduanya juga berharap semoga pemerintah dan rakyat Indonesia terus maju dan sejahtera sebagaimana dilaporkanSaudi Press Agency.

Di tempat lain, RajaOmanSultan Haitham Bin Tarik juga mengirimkan ucapan selamat kepada Jokowi dalam rangka hari ulang tahun (HUT) ke 75 Indonesia. Haitham menyampaikan ucapan selamat yang tulus dan mendoakan semoga Jokowi dan rakyat Indonesia sehat dan bahagia. Dilansir dariTimes of Oman, Minggu, Sultan Oman juga berharap agar Indonesia semakin maju dan sejahtera.

Sementara itu, RajaBrunei DarussalamSultan Hassanal Bolkiah juga mengirimkan pesan ucapan selamat kepadaPresiden RI. Dilansir dariBorneo Bulletin, Senin (17/8/2020), Sultan Brunei Darussalam juga mengucapkan selamat kepada rakyat Indonesia yang merayakan HUT ke 75 Indonesia. Amerika Serikat (AS) danAzerbaijan juga mengucapkan selamat kepada pemerintah Indonesia.

Dalam halaman web resmi Kementerian Luar Negeri AS, Mike Pompeo mengucapkan selamat. "Atas nama Pemerintah Amerika Serikat, saya menyampaikanucapan selamatyang tulus kepada rakyat Indonesia yang merayakan 75 tahun kemerdekaan pada 17 Agustus," ujar Menteri Luar Negeri AS ini. Pompeo melanjutkan bahwa peringatan kemerdekaan ke 75 tahun adalah momen penting dan waktu untuk mengakui langkah besar bangsa Indonesia untuk muncul sebagai salah satu negara demokrasi terbesar di dunia dan negara G20.

Sekaligus merupakan momen untuk merefleksikan persahabatan panjang antar bangsa Indonesia dan bangsa AS. Kemitraan strategis yang telah dibangun AS dan Indonesia, dikatakannya akan semakin bernilai dari sebelumnya. Meski pun, kedua negara menghadapi tantangan pandemi global yang belum pernah terjadi sebelumnya. "Kami akan terus memperkuat ikatan yang dinikmati kedua negara berdasarkan nilai nilai demokrasi bersama, ikatan ekonomi yang dalam, dan komitmen kami untuk Indo Pasifik yang damai dan sejahtera," ujar Pompeo dalam keterangan tertulis di web.

Senada dengan Pompeo ucapan selamat juga datang dari pemerintahan Azerbaijan. Presiden Azerbaijan, Ilham Aliyev mengucapkan selamat kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. "Saya menyampaikan ucapan selamat yang paling tulus atas nama saya sendiri dan atas nama rakyat Azerbaijan kepada Anda dan melalui Anda kepada rakyat Indonesia yang ramah, pada kesempatan hari libur nasional negara Anda, Hari Kemerdekaan," kata presiden Azerbaijan.

Alivey mengucapkan kegembiraannya dalam hubunganbilateraldengan Indonesia selama ini. "Sungguh menggembirakan melihat tingkat hubungan bilateral antara Azerbaijan dan Indonesia saat ini dan hubungan di dalam lembaga lembaga internasional, dan khususnya dalam kerangka Organisasi Kerja Sama Islam dan Gerakan Non Blok,” tulis kepala negara Azerbaijan seperti yang dilansir dariTrendpada Sabtu (15/8/2020). Ia mengungkapkan untuk rakyat Azerbaijan dan Indonesia dpat saling memberikan solidaritas dalam menghadapi pandemi Covid 19 yang merebak di hampir seluruh dunia.

"Pada hari yang luar biasa ini, saya mendoakan Anda memiliki kesehatan yang kuat, kebahagiaan, dan kemakmuran abadi untuk Republik Indonesia yang bersahabat," kata presiden Azerbaijan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *