RS Darurat Wisma Atlet Dapat Pinjaman Alat Penghasil Sinar UVC buat Sterilisasi Kamar Pasien

Rumah Sakit Darurat Covid 19 mendapat bantuan alat penghasil sinar ultraviolet C (UVC). Alat bernama UV Care General Sterilizer ini dipinjamkan oleh PT Roswell Mitra Perkasa kepada Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat. Tujuannya guna memudahkan tenaga medis saat melakukan sterilisasi dan sanitasi kamar pasien kasus virus corona yang telah menyelesaikan masa karantina. Sehingga kamar yang telah steril siap digunakan kembali.

"Dengan adanya alat sterilisasi dengan lampu UVC ini, kerja kita semakin mudah dalam mensanitasi, dan mensterilisasi ruangan kamar pasien Covid 19," kata Kepala Tim Logistik Wisma Atlet Kolonel Waseso dalam keterangannya, Kamis (16/4/2020). “Nanti kami akan menggunakan alat sterilisasi ini untuk ruangan medis, kamar pasien yang sudah selesai karantina di Wisma Atlet," imbuhnya. Direktur Utama PT Roswell Mitra Perkasa Caroline Victoria menjelaskan sinar UVC terbukti dapat membunuh virus SARS dan H1N1, yang termasuk keluarga coronavirus. Padahal SARS punya persentase fatality rate lebih tinggi ketimbang Covid 19.

Rumah Sakit di China, London, dan Amerika Serikat ia sebut turut memakai lampu UVC guna melawan penularan virus Covid 19. Rusia juga menggunakannya pada transportasi umum mereka. "Sinar UVC dari UV Care ini mampu membunuh virus SARS yang lebih kuat dan memiliki presentase fatal lebih tinggi dari pada Covid 19. Dengan adanya UVC ini semoga bisa membantu mengurangi penyebaran Covid 19 dengan sterilisasi kamar pasien," ungkap Caroline.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *