Ramai Pernyataan Komisioner KPAI Soal Kehamilan di Kolam Renang, Sitti Hikmawatty Klarifikasi: Maaf

Komisioner KPAI, Sitti Hikmawatty belakangan ini tengah ramai diperbincangkan. Bahkan, nama Sitti Hikmawatty ini masuk daftar trending Twitter hari ini, Minggu (23/2/2020) pukul 16.20 WIB. Hal itu setelah pernyataannya tentang wanita bisa hamil jika berenang dengan pria.

Sebelumnya, Komisioner KPAI bidang Kesehatan, Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif (NAPZA) ini mengingatkan kaum perempuan untuk berhati hati saat berada di kolam renang. Sitti Hikmawatty menerangkan, kehamilan tidak menutup kemungkinan dialami seorang wanita yang sedang berenang dengan laki laki di kolam renang. Menurunya, kehamilan yang berindikasi dari kolam renang ini sebagai contoh hamil tak langsung (bersentuhan secara fisik).

"Pertemuan yang tidak langsung misalnya, ada sebuah mediasi di kolam renang. Ada jenis sperma tertentu yang sangat kuat, Walaupun tidak terjadi penetrasi, tapi ada pria terangsang dan mengeluarkan sperma, dapat berindikasi hamil," ujar Sitti Hikmawatty, Jumat (21/2/2020) siang. Terkait hal ini, ia mengatakan bahwa dirinya mendapat referensi dari sebuah jurnal.

"Saya dapat referensi dari jurnal luar negeri. Nanti saya kirim jurnalnya," jelasnya. Namun demikian, tak memastikan secara pasti ihwal perempuan dapat hamil ketika berada di kolam renang. "Itu tidak bisa ditarik kesimpulan langsung seperti itu, ada predisposisi lainnya dulu," terangnya.

Atas pernyataannya itu, Sitti Hikmawatty pun mendadak ramai diperbincangkan. Sejumlah tokoh publik bahkan turut mengomentari pernyataan Sitti Hikmawatty ini. Satu di antaranya Alissa Wahid yang menanggapi pernyataan Sitti Hikmawatty yang mengingatkan kaum wanita untuk berhati hati saat berenang.

Lewat akun Twitternya, Alissa Wahid mengaku heran membaca pernyataan Komisioner KPAI yang menyebut wanita bisa hamil bila berenang bareng pria. Alissa Wahid mempertanyakan kinerja Komisioner KPAI yang notabennya dipilih melalui seleksi. "Ada banyak hal di otak saya saat membaca seorang komisioner KPAI, pejabat publik yang dipilih melalui pansel, berpendapat seperti ini.

1. Ini efek Pendidikan Kespro yang lemah selama ini. 2. Proses seleksi KPAI ini bagaimana ya? 3. Kebijakan apa yg akan dihasilkan KPAI." tulis Alissa.

"Saya masih menyisakan harapan bahwa berita ini tidak benar, atau jurnalisnya salah kutip. Semoga." tulis Alissa Wahid. Setelah ramai menjadi sorotan, Sitti Hikmawatty kembali buka suara. Sitti Hikmawatty meminta maaf kepada publik atas pernyataannya itu.

Ia menyadari jika pernyataannya itu tidak tepat. Dijelaskannya bahwa pernyataan soal wanita kemungkinan bisa hamil bila berenang bareng pria itu murni pendapat pribadinya. Pernyataan tersebut, kata dia, tidak ada kaitannya dengan KPAI.

"Terkait statemen saya mengenai kehamilan di kolam renang, perlu saya sampaikan : 1. Saya meminta maaf kepada publik karena memberikan statemen yang tidak tepat 2. Statemen tersebut adalah statemen pribadi saya dan bukan dari KPAI. Dengan ini saya mencabut statemen tersebut.

3. Saya memohon kepada semua pihak untuk tidak menyebarluaskan lebih jauh atau malah memviralkannya. Demikian, atas perhatian dan pengertiannya kami ucapkan terimakasih." FOLLOW:

Sebelumnya, Ketua KPAI Susanto telah memastikan secara kelembagaan tidak pernah mengeluarkan pernyataan, bahwa perempuan kemungkinan bisa hamil jika berenang dengan pria. "Semoga klarifikasi ini dapat meluruskan kesalahpamahaman berita sebagaimana yang beredar," tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *