Pergerakan KKB Papua Ternyata Dipersiapkan Sekelompok Orang, Kapolda: Mereka Pengendali Perang

Polres Mimika menangkap enam orang yang diduga pemasok bahan makanan dan amunisi ke kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Hengky Wamang di wilayah Kali Kopi. Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw mengatakan, polisi akan fokus mengejar tokoh yang menciptakan konflik antara KKB dan aparat penegak hukum. Waterpauw menyebut aksi KKB tidak dilakukan secara spontan, tapi dipersiapkan sekelompok orang.

"Mereka inilah yang kita kenal sebagai wainemung, pengendali perang itu, jadi ketika ini belum tertangkap kami akan terus kejar mereka," kata Waterpauw di Jayapura, Kamis (9/4/2020). Menurut Waterpauw, pergerakan KKB diawali dengan upacara adat yang dianggap sakral oleh masyarakat setempat. Dalam upacara itu, para pengendali perang dan anggota KKB membuat komitmen.

"Kami akan cari aktornya karena pasti sebelum lakukan perang mereka harus kasih makan dulu, istilahnya buat adat bakar batu yang merupakan sebuah komitmen, sebuah janji dari keluarganya, saudara saudaranya yang mau membantu," kata Waterpauw. Waterpauw tak membeberkan keterangan sementara yang diperoleh dari enam warga pemasok makanan dan amunisi ke KKB itu. Kapolda Papua itu mengapresiasi kinerja bawahannya yang berhasil memutus suplai bahan makanan dan amunisi buat KKB.

"Ini tidak gampang dan mereka mampu berkoordinasi, sinergi dan bisa berjalan bersama, saya pikir lama atau cepat kita bisa ungkap hal ini," kata dia. Sebelumnya diberitakan, enam warga di Kota Timika berinisial YW, RM, EN, NM, EM, dan IM diamankan aparat Kepolisian Resor Mimika, Papua, pada Selasa (7/4/2020). Mereka ditangkap lantaran hendak membawa bahan makanan kepada kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Hengky Wamang.

Hengky Wamang diketahui sebagai salah satu pimpinan KKB wilayah kali kopi, Mimika, selain Joni Botak. Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata mengatakan, enam warga itu ditangkap saat aparat gabungan melakukan razia di perempatan Jalan Kuala Kencana Mayon atau perempatan Polsek Kuala Kencana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *