PDIP Jadikan 20 Kantor Partai yang Baru buat Gelorakan Politik Arus Bawah

PDI Perjuangan (PDIP) meresmikan 20 kantor partai di tingkat provinsi dan kabupaten kota pada Rabu (22/7/2020), yang diharapkan menjadi rumah rakyat sekaligus lokasi konsolidasi akar rumput dalam menyelesaikan permasalahan di wilayah masing masing. Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, Ketua Umum Megawati Soekarnoputri kerap menyampaikan bahwa kantor partai harus menjadi pusat pengorganisasian seluruh kegiatan partai. Megawati, lanjut Hasto, juga menginginkan kantor partai menjadi pusat konsolidasi akar rumput.

Persis seperti yang terjadi di era Orde Baru untuk melawan rezim otoriter. "Kita tahu pula momentum yang kemudian menggelorakan hubungan politik arus bawah, gerakan demokratisasi menentang pemerintahan yang otoriter dan Ibu Megawati memimpin gerakan itu. Maka muncul kesadaran rakyat untuk memperjuangkan kedaulatan politik. Ibu Ketua Umum memimpin dengan melantik ketua ketua koordinator kecamatan di seluruh Indonesia. Keliling ke seluruh wilayah Indonesia," kata Hasto melalui telekonferensi dari Kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu (22/7/2020). Hasto juga mengingatkan Megawati pernah menelusuri Sungai Mahakam, Kalimantan Timur, hanya untuk melantik koordinator kecamatan partainya.

Bahkan, ketika Kantor DPP PDIP diserang, Megawati terus semangat mengkonsolidasikan kekuatan di akar rumput. "Dari situlah kita belajar bahwa kantor partai simbol kedaulatan partai, untuk itu arahan Ibu Ketua Umum dijalankan dengan baik, hari ini 20 kantor partai siap diresmikan," kata Hasto. Untuk diketahui, PDIP resmikan empat kantor partai untuk tingkat provinsi, yaitu di Kepulauan Bangka Belitung, Kalimantan Tengah, Jambi, dan Kalimantan Barat.

Lalu 16 kantor partai untuk tingkat kabupaten atau kota atau biasa disebut DPC. Yaitu di Kabupaten Karangasem, Kabupaten Klungkung, Kabupaten Katingan, Kabupaten Gunung Mas, Kota Palangka Raya, Kota Palu, Kabupaten Sorong, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Sikka dan Kabupaten Banggai. Selain itu, di Kabupaten Banggai Laut, Kota Mataram, Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Tuban. Hasto menggarisbawahi pembangunan kantor partai ini dilakukan secara gotong royong oleh para kader.

Bahkan, dengan segala kekurangannya, kantor partai ada yang mendeklarasikan fungsinya sebagai tempat kebudayaan dan kesehatan. "Yang mengejutkan Sorong di Papua Barat, ini kantor partai kita cukup megah. Maka Papua dan Papua Barat serta Aceh, kami prioritaskan untuk membangun kantor partai," pungkas politikus asal Yogyakarta ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *