Pandemi Covid-19 Meningkatkan Pemanfaatan Teknologi Daring buat Perkuliahan Kemendikbud

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nizam mengatakan pandemi Covid 19 mendorong penggunaan teknologi daring dalam proses perkuliahan. Nizam mengatakan sebelumnya dalam 20 tahun terakhir pemanfaatan teknologi daring untuk perkuliahan masih sangat minim. "Selama 20 tahun upaya pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran, nyatanya hanya sedikit sekali perguruan tinggi yang menggunakan teknologi," ucap Nizam dalam peluncuran buku 'Potret Pendidikan Tinggi di Masa Covid 19' di Kemendikbud, Jakarta, Selasa (11/8/2020).

Menurut Nizam, pandemi mendorong penggunaan teknologi daring secara masif oleh perguruan tinggi. "Ternyata akibat pandemi, justru pelaksanaan pembelajaran daring mendadak dilakukan dalam waktu singkat," kata Nizam. Dirinya berharap kebiasaan ini terus dipertahankan selama masa pandemi corona ini.

Masa pandemi Covid 19, menurut Nizam juga dapat menghasilkan banyaknya inovasi dari perguruan tinggi. "Spirit ini patut dipertahankan dan dijaga di pandemi ini. Lompatan di berbagai hal, baik transformasi digital dan menciptakan inovasi teknologi pembelajaran," pungkas Nizam. Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan sejumlah inovasi lahir di tengah pandemi Covid 19 dalam satu semester terakhir.

"Jumlah inovasi yang telah terlihat ya dari berbagai macam institusi pendidikan kita. Tidak kurang dari 1000 karya inovasi dan teknologi telah dihasilkan dalam satu semester kemarin," ujar Nadiem dalam sambutannya pada webinar Hari Kebangkitan Teknologi Nasional, Senin (10/8/2020).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *