Pahlawan Revolusi & Pahlawan Tidak Dikenal Presiden Jokowi Tabur Bunga di Makam BJ Habibie

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengikuti prosesi tabur bunga di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (10/11/2020). Prosesi tabur bunga tersebut dilakukan setelah upacara ziarah nasional di mana Presiden menjabat inspektur upacara. Presiden dan dan Wakil Presiden ditemani Menteri Sosial Juliari Batubara, menaburkan bunga di atas makam sejumlah tokoh, mulai dari Presiden ke 3 RI BJ Habibie kemudian istri Presiden ke 3 RI Ainun Habibie, makam Istri Presiden ke 6 RI Ani Yudhoyono, suami Presiden ke 5 RI Taufiq Kiemas.

Kemudian Wakil Presiden ke 3 Adam Malik, Wakil presiden ke 4 Jenderal Purnawirawan Umar Wirahadikusuma, Wakil Presiden ke 5 Soedharmono, makam para Pahlawan Revolusi, makam pahlawan pangkat terendah, dan makam pahlawan tidak dikenal. Presiden dan wakil presiden secara berbarengan menaburkan bunga di atas makam pahlawan tersebut. Presiden dan Wapres juga tampak berdoa di atas makam pahlawan.

Baik upacara maupun tabur bunga dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat. Presiden dan wakil presiden mengenakan masker, selain itu peserta upacara juga sangat terbatas. Usai ziarah presiden dan wakil presiden juga tampak mencuci tangan usai prosesi tabur bunga.

Presiden dan Wakil Presiden yang tiba pada pukul 08.05 WIB, tampak meninggalkan lokasi TMP Kalibata pada pukul 08.45 WIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *