Majal di Persebaya Surabaya dan PSM Makassar, Amido Balde Tunjukkan Tajinya di Liga Vietnam

Alumnus Liga 1, Amido Balde, berhasil tampil apik bersama klub barunya dan memuncaki klasemen sementara Liga Vietnam 2020. Seperti diketahui, Amido Balde merupakan salah satu pesepak bola yang namanya tidak asing lagi di Indonesia khususnya pada era Liga 1. Pada periode Liga 1, Amido Balde sudah memperkuat dua tim berbeda yakni Persebaya Surabaya dan PSM Makassar.

Uniknya, Balde memperkuat Persebaya dan PSM dengan musim yang sama yaitu musim 2019. Hanya saja, penyerang asal Guinea Bissau tersebut membela kedua tim itu dengan putaran musim Liga 1 2019 yang berbeda saja. Amido Balde berseragam Bajul Ijo dahulu pada putaran pertama atau tepatnya pada 4 Februari 2019.

Selama satu putaran bersama Persebaya Surabaya, Balde mampu membukukan 15 gol dan tigaassistdisemua kompetisi. Baru pada putaran kedua Liga 1 2019, mantan striker Celtic FC tersebut memperkuat PSM Makassar. Amido Balde hanya menjalankan 14 kali pertandingan dan menghasilkan enam gol dan satuassist.

Balde pun tak lama bersama PSM Makassar dan memutuskan hijrah ke Liga Vietnam dengan berseragam Ho Chi Minh City FC pada musim 2020. Tepatnya, penyerang berpostur 193 cm tersebut diperkenalkan sebagai pilar baru Ho Chi Minh City FC pada 12 Januari 2020. Amido Balde sudah mampu tampil gemilang ketika memperkuat tim dengan julukan Kapal Perang Baja dari Selatan tersebut pada ajang kompetisi Asia.

Balde berhasil ciptakan tiga gol untuk Ho Chi Minh City FC dari dua pertandingannya di Piala AFC 2019/2020. Meski sudah unjuk gigi di Asia, namun mantan pemain Persebaya tersebut belum mampu ciptakan gol pada ajang kompetisi tertinggi sepak bola Vietnam, V League 2020. Padahal, Amido Balde sudah dimainkan dua pertandingan atau bermain sekitar 163 menit oleh pelatih Ho Chi Minh City FC, Hae seong Jeong.

Walaupun begitu, klub yang bermarkas di Ho Chi Minh, Vietnam tersebut mampu menempati posisi puncak V League 2020 hingga pekan kedua. Skuad Kapal Perang Baja dari Selatan itu mampu mengoleksi poin sempurna dari dua kemenangan laga awal, enam poin. Sayangnya, Liga Vietnam 2020 harus tertunda sementara jelang pekan ketiga akibat merebaknya wabah virus corona.

Meski begitu, V League 2020 akan kembali dilanjutkan pada 5 Juni mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *