Ketergantungan Terhadap Cristiano Ronaldo Terlihat Nyata Juventus Tersingkir Hasil Liga Champions

Juventus secara mengejutkan harus tersingkir pada babak 16 besar Liga Champions musim 2019/2020. Kepastian tersebut didapatkan setelah Juventus kalah agregat gol tandang melawan Lyon di babak 16 besar, Sabtu (8/8/2020) dinihari tadi. Dalam laga yang berlangsung di Allianz Stadium tersebut, Juventus yang mampu meraih kemenangan 2 1 belum cukup untuk merebut tiket perempatfinal.

Hal ini dikarenakan Juventus kalah agregat dengan skor 2 2 dari Lyon. Alhasil, mimpi mereka untuk melaju lebih jauh dalam gelaran Liga Champions musim ini dipastikan pupus. Salah satu alasan dibalik kegagalan Juventus karena barangkali mereka terlalu bergantung kepada sosok Cristiano Ronaldo.

Hal itu bisa dibuktikan dengan torehan gol Juventus ketika berlaga dalam fase gugur sejak musim 2018/2019. Tercatat Juventus telah tampil sebanyak enam kali di babak sistem gugur Liga Champions semenjak kedatangan Ronaldo pertama kali ke tim berjuluk Si Nyonya Tua tersebut. Rinciannya yakni Juventus berhadapan dengan Atletico Madrid, Ajax Amsterdam, dan Lyon.

Total Juventus mampu mencetak total gol sebanyak tujuh kali dalam enam pertandingan melawan tiga tim tersebut pada babak sistem gugur. Lebih mengejutkan ternyata total gelontoran tujuh gol tersebut keseluruhan dicetak oleh satu nama saja, yakni Cristiano Ronaldo. Hal itu menandakan semua gol yang dicetak oleh Juventus ketika bertanding di fase gugur dalam dua musim terakhir dihasilkan oleh Ronaldo.

Hal itu menandakan sebuah ketergantungan Juventus terhadap sosok Ronaldo sebagai mesin gol. Juventus mengambil inisiatif serangan sejak peluit kick off dibunyikan. Namun sayang, tembakan pertama Gonzalo Higuain masih bisa digagalkan penjaga gawang Lyon, Anthony Lopes.

Tak berselang lama, Juventus mendapatkan peluang dari skema bola mati menyusul pelanggara yang dilakukan Caqueret kepada Alex Sandro. Miralem Pjanic maju sebagai eksekutor bola mati, umpan lambungnya diteruskan Matthij de Ligt dengan sundulan, namun mantan pemain Ajax tersebut berada dalam posisi offside. Juventus menguasai jalannya pertandingan dalam 10 menit pertama.

Namun petaka muncul pada menit ke 12. Lyon mendapat hadiah penalti Rodrigo Bentacur melanggar Houssem Aouar di kotak terlarang. Sempat melakukan pengecekan melalui VAR, sang pengadil lapangan yang bertugas dalam laga ini Felix Zwaye akhirnya menunjuk titik putih penalti untuk Lyon.

Memphis Depay maju sebagai eksekutor penalti Lyon. Mantan pemain Manchester United yang absen di leg pertama ini sukses menjalankan tugasnya hingga membuat Lyon unggul 0 1 dari Juventus. Tertinggal satu gol membuat Si Nyonya Tua panas.

Alex Sandro dan Miralem Pjanic coba menciptakan peluang namun masih terbentur kokohnya pertahanan Les Gones julukan Lyon. Pada menit ke 17, Alex sandro memberikan umpan panjang menuju Cristiano Ronaldo, namun sayang dia terjebak dalam perangkap offside yang diterapkan anak asuh Rudi Garcia. Sebelum jeda turun minum di babak pertama, Juventus masih berupaya untuk menyamakan kedudukan.

Namun apa yang dilakukan Rabiot dan Sandro belum maksimal hingga dengan mudahnya digagalkan pemain bertahan Lyon. Pada menit ke 35, Juventus kembali mendapatkan peluang dari skema bola mati setelah Caqueret coba menghentikan laju Cristiano Ronaldo. Kini giliran sang megabintang yang menjadi eksekutor. Namun, sepakan keras Cristiano Ronaldo masih membentuk pagar betis pemain Lyon.

Memasuki menit 40, kerjasama apik diperagakan Bentacur dan Cristiano Ronaldo. Pergerakan keduanya memicu pemain Lyon Leo Dubois untuk menghentikan paksa pergerakan Bentacur, wasit pun tak segan mengeluarkan kartu kunig kepada Dubois. Dengan hal itu Juventus untuk kesekian kalinya mendapat peluang dari bola mati.

Lagi, Cristiano Ronaldo yang berperan sebagai eksekutor gagal melaksanakan tugasnya dengan baik, bola masih bisa dihalau Anthony Lopes. Yang ditunggu tunggu akhirnya terjadi, Juventus menjaga asa untuk melaju ke babak 8 besar Liga Champions setelah Cristiano Ronaldo mecetak gol penyeimbang melalui titik penalti pada menit 43. Hingga turun minum, kedua tim masih sama kuat dengan skor 1 1.

Selepas jeda turun minum, Juventus masih berupaya menghasilkan peluang, kali ini melalui umpan silang Alex Sandro. Namun upayanya masih bisa ditepis Lopes. Beruntung bagi Juventus memiliki sang mega bintang Cristiano Ronaldo.

Pada menit ke 60, pemain asal Portugal tersebut mencatatkan kembali namanya di papan skor setelah mencetak gol jarak jauh melalui kaki kirinya. Skor 2 1 untuk keunggulan Si Nyonya Tua. Hingga peluit panjang dibunyikan, Juventus gagal menambah pundi pundi gol sekaligus merelakan tiket 8 besar Liga Champions untuk Lyon.

Szczesny, Juan Cuadrado, Matthij De Ligt, Leonardo Bonucci, Alex Sandro, Bentacur, Miralem Pjanic, Rabiot, Cristiano Ronaldo, Bernardeschi, Gonzalo Higuain. Pelatih: Maurizio Sarri Lopes, Denayer, Marcelo, Marcal, Dubois, Guimaraes, Cornet, Caqueret, Aquar, Toko Ekambi, Memphis Depay.

Pelatih: Rudi Garcia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *