Kemendikbud Buka Pendaftaran Program Pendamping Guru Penggerak, Rekrutmen Dimulai Besok

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuka pendaftaran bagi widyaiswara, guru, kepala sekolah, dan praktisi pendidikan untuk menjadi fasilitator dan pendamping calon Guru Penggerak. Saat ini, Kemendikbud sedang mempersiapkan peluncuran program Guru Penggerak. "Kami mengajak para insan pendidikan terbaik bangsa untuk menghadirkan perubahan nyata bagi pendidikan Indonesia dengan bergabung menjadi tim pendukung Guru Penggerak," ujar Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Iwan Syahril melalui keterangan tertulis, Minggu (14/6/2020).

Iwan mengatakan Kemendikbud fokus pada peningkatan hasil belajar murid, dan tidak terlepas dari upaya peningkatan kompetensi guru, salah satunya melalui program Guru Penggerak. "Transformasi pendidikan yang kita cita citakan bersama, hanya bisa terwujud di saat semua pemangku kepentingan berorientasi pada murid," ucap Iwan. Menurut Iwan, Guru Penggerak dan tim pendukungnya akan mampu mencetak SDM unggul yang berkompetensi global dan berperilaku sesuai nilai nilai Pancasila.

"Bergotong royong dengan semua pemangku kepentingan untuk mencetak SDM unggul adalah kunci transformasi pendidikan untuk mencapai visi Indonesia 2045," tutur Iwan. Tahun ini, Kemendikbud akan merekrut 280 fasilitator dan 560 pendamping. Peran fasilitator dan pendamping akan menjadi kunci dalam memastikan dampak baik dan keberlangsungan program Guru Penggerak. Kemendikbud mengajak para widyaiswara untuk mendaftarkan diri sebagai fasilitator.

Fasilitator berperan dalam memandu proses pelatihan daring, mengumpulkan tugas tugas peserta, memberi umpan balik dan motivasi, serta memfasilitasi refleksi belajar selama proses pelatihan calon Guru Penggerak. Partisipasi guru, kepala sekolah, dan praktisi pendidikan juga didorong untuk mengikuti seleksi sebagai pelatih dan mentor bagi para calon Guru Penggerak. Para pendamping akan memfasilitasi lokakarya bulanan, mencatat perkembangan, dan memberi umpan balik yang konstruktif.

Rekrutmen fasilitator akan dibuka mulai Senin, 15 Juni sampai dengan Rabu 24 Juni 2020, sementara rekrutmen pendamping dibuka Senin, 15 Juni dan ditutup Jumat, 26 Juni 2020. Informasi kriteria, proses rekrutmen, dan pendaftaran dapat diikuti pada laman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *