Jembatan Hutan Kota Kemayoran Ambruk, Kapolsek Pademangan: Jembatan Tersebut Belum Difungsikan

Jembatan Hutan Kota Kemayoran ambruk, Minggu (22/12/2019). Jembatan yang berada di kawasan Jalan Benyamin Sueb, Pademangan, Jakarta Utara itu saat ini tengah ditutup sementara untuk umum. Jembatan tersebut diketahui baru saja diresmikan oleh Kementerian Sekretariat Negara.

Berdasar penuturan Kapolsek Pademangan Kompol Joko Handono, tidak ada korban jiwa terkait peristiwa tersebut. Ia menerangkan, pihak kepolisian kini masih menyelidiki penyebab ambruknya jembatan yang memiliki ornamen warna kuning itu. "Perkara tersebut kini ditangani oleh Polres Jakarta Utara yakni Satreskrim," tuturnya.

Kompol Joko Handono juga menegaskan pihak Polsek Pademangan bertugas melakukan cek Tempat Kejadian Perkara (TKP) awal. Selain itu, pihaknya juga mengecek apakah ada hal hal yang menonjol terkait ambruknya jembatan di kawasan penghijauan terbaru di Jakarta itu. "Sementara, tidak ada korban. Baik dari pekerja maupun dari pengunjung," terangnya.

Diketahui, pembangunan kawasan Hutan Kota Kemayoran tersebut menghabiskan biaya sekira Rp 5 miliar. Dilansir , hutan dengan luas sekira 22,3 hektare itu rencananya akan menjadi pemasok oksigen di wilayah Jakarta Pusat (Jakpus) dan Jakarta Utara (JakUt). Selain sebagai paru paru kota Jakarta, hutan itu akan dilengkapi dengan amphitheatre sebagai ruang untuk menampilkan pentas seni.

Rencananya, selain dimanfaatkan untuk menggelar pentas seni, Hutan Kota juga memiliki beberapa fasilitas penunjang lainnya. Yakni Plaza, Panggung Apung, Viewing Tower, dan lainnya. Hal itu diungkapkan oleh Direktur Perencanaan dan Pembangunan Pusat Pengelolaan Komplek (PPK) Kemayoran, Riski Renando.

Ia menuturkan tiga konsep untuk mengembangkan Hutan Kota itu, di antaranya : 1. Jalur Hutan (Forest Trail) 2. Ekspedisi Mangrove

3. Taman Bermain Air (Water Playground). Ketiga konsep tersebut dikenal dengan 'Three Wonderful Journeys' .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *