Jelang Laga Edi Rahmayadi Cup 2020, Calon Lawan PSMS Medan hingga Dukungan dari PSSI

Dua hari lagi turnamen bertajuk internasional EdyRahmayadiCup 2020 akan bergulir, tepatnya pada 16 18 Januari 202 di Stadion Teladan, Medan. PSMS Medan akan mengikuti ajang turnamen pra musim ini sebagai persiapan untuk mengarungi kompetisi Liga 2 2020 mendatang. Lawan yang akan dihadapi PSMS tak main main. Klub yang berpartisipasi merupakan tim tim yang bermain di kasta tertinggi di masing masing negaranya.

Memandang lawan yang kualitasnya lebih baik dari PSMS, Pelatih PhilipHansen justru senang. Ia menilai turnamen ini sebagai momen tepat untuk mencari titik kelemahan tim Ayam Kinantan sebelum bertarung di Liga 2. "Kita tahu lawannya bagus bagus. Justru ini bagus kita dapat lawan yang kastanya di atas kita. Dari situ nanti kita belajar di mana kelemahan dan kekurangan kita.

"Bagaimana kita mendapat pressure dari mereka, apa yang harus kita lakukan saat mendapat tekanan. Kemudian harus bisa juga keluar dari tekanan itu," kata PhilipHansen di Stadion Kebun Bunga, Selasa (14/1/2020). Dalam turnamen pra musim ini, PSMS akan menghadapi tim dari Malaysia dan Kamboja. Masing masing Felda United (Malaysia), Penang FA (Malaysia) dan Boeung Ket (Kamboja). Philip tak mau muluk muluk memasang target tinggi pada ajang EdyRahmayadiCup ini. Ia cuma ingin melihat perkembangan gaya permainan PSMS dan pengalaman anak asuhnya.

"Jadi memang target di sini tidak ada. Bukan harus juara atau tidak. Di sini jadi ajang tolak ukur kemampuan tim ini untuk kompetisi Liga 2 nanti. Bagaimana kita dapat pengalaman dan bahan evaluasi ke depannya," kata mantan Pelatih PSPS Riau ini. Philip berharap, laga uji coba bertaraf internasional itu bisa menjadi masukan bagi para pemain, supaya tidak gamang lagi menghadapi tim tim Liga 2 yang punya rekor baik. "Dengan adanya uji coba ini, bisa membantu pemain mendapatkan pengalaman. Pemain jadi terbiasa mendapat lawan yang bagus di Liga 2 nanti," pungkasnya.

Turnamen yang mengambil nama dari mantan Ketua Umum PSSI yang saat ini menjabat Gubernur Sumatera Utara, EdyRahmayadi ini dikabarkan tengah berupaya meminta restu dari induk organisasi sepak bola tertinggi di Asia, AFC. Sebelumnya PSMS sudah mendapat lampu hijau dari PSSI terkait dengan adanya gelaran tersebut. Ketua Panitia Pertandingan dan juga Sekum PSMS, Julius Raja tengah berupaya meminta restu dari AFC agar turnamen ini lebih jelas levelnya. "Turnamen EdyRahmayadi Cup ini kan sudah mendapat persetujuan dari PSSI. Nah supaya tingkatnya lebih besar, kita minta persetujuan dari AFC," katanya Julius, Sabtu (11/1/2020).

Kemudian, jika mendapat restu dari AFC, lanjut Julius, turnamen ini dapat kembali lagi gelar tahun depan. Lalu mereka tinggal minta restu kembali ke induk organisasi sepak bola tertinggi di dunia yakni FIFA. "Jika mendapat restu dari AFC, artinya turnamen ini semacam masuk kalender (event) AFC. Yang selanjutnya jika tahun depan kembali bergulir bisa tambah tim tim lain (partisipasi) yang selanjutnya coba kita minta restu sama FIFA. Artinya even ini bisa menjadi suksesor dari Marah Halim Cup yang sudah vakum," ungkapnya. "Dan saat ini usulan soal restu dari AFC ini sudah kita lapor sama PSSI, tinggal PSSI lah yang melanjutkan ke AFC dan kita optimis restu dari AFC ini kita dapatkan," tambahnya.

Andai nantinya belum mendapat restu dari AFC, sebut Julius, turnamen EdyRahmayadi Cup tahun ini tetap dapat digelar karena sudah mengantongi izin dari PSSI sejak jauh jauh hari. "Mudah mudahan semua persiapan yang telah kita lakukan sejauh ini tidak ada lagi kendala baik teknis maupun non teknis," pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *