Ini Bahan-bahannya! 7 Obat Tradisional buat Hilangkan Mata Ikan

Sebagian orang mungkin pernah merasakan sakit mata ikan dan kapalan. Umumnya orang menganggap, mata ikan dan kapalan adalah penyakit yang sama. Namun ternyata, keduanya merupakan masalah kulit yang berbeda.

Mata ikan adalah benjolan keras dan kasar yang timbul di beberapa titik tubuh yang sering mendapat tekanan dalam waktu lama. Semakin banyak tekanan yang dirasakan dapat membuat penyakit mata ikan tumbuh ke lapisan kulit bagian dalam. Itulah kenapa mata ikan lebih sering muncul di bagian atas telapak kaki, jari kaki, atau di bagian samping telapak kaki.

Benjolan mata ikan pada umumnya berukuran kecil dengan bagian tengah bertekstur lunak atau keras. Apabila disentuh, bagian mata ikan baik yang lunak ataupun keras biasanya akan terasa nyeri. Pada beberapa kasus parah, mata ikan bahkan sampai harus ditangani dengan jalan operasi.

Eits! jangan khawatir, mata ikan ternyata bisa dihilangkan hanya menggunakna bahan alami. Jadi tidak perlu lagi takut operasi karena punya mata ikan di kaki. Melansir Buku 265 Tip for Women (2017) oleh Rita Lauw Fu, batu apung atau sabut kelapa bisa digunakan sebagai cara menghilangkan mata ikan secara alami. Sabut kelapa dan batu apung dapat menghilangkan kulit mati pada mata ikan dan mengempeskan mata ikan, sehingga tekanan dan rasa sakit berkurang.

Cara penggunaanya, yakni terlebih dahulu rendam kaki pada air hangat sebelum melakukan pengelupasan untuk menipiskan kulit yang tebal. Setelah itu, gosok mata ikan dengan sabut kelapa atau batu apung satu secara lembut dan sedikit demi sedikit. Getah jarak juga dapat digunakan untuk mengobati mata ikan.

Caranya, gosokkan getah jarak pada daerah yang terkena mata ikan secara rutin untuk menghilangkan kulit mati pada mata ikan dan mengempeskan mata ikan. Getah pepaya muda juga dapat digunakan sebagai obat tradisional menghilangkan mata ikan. Caranya, potong bahan secukupnya, lalu oleskan getah pepaya muda pada bagian kulit yang mengalami mata ikan.

Melansir Buku Ramuan Lengkap Herbal: Taklukkan Penyakit (2008) oleh Prof. H. M. Hembing Wijayakusuma, getah kamboja dapat digunakan untuk mengobati mata ikan. Caranya cukup mudah, yakni dengan meneteskan getah kamboja secukupnya pada kulit yang mengalami mata ikan. Lakukan langkah tersebut setiap hari sampai sembuh.

Cara menghilangkan mata ikan berikutnya yaitu dengan memanfaatkan cuka sari apel. Seperti yang diketahui, cuka sari apel sangat ampuh untuk mengikit sel kulit mati sekaligus melunakkan mata ikan. Cara menggunakannya pun cukup mudah.

Anda hanya perlu merendam bagian yang terdapat mata ikan selama beberapa menit, kemudian oleskan cuka sari apel di atasnya dan biarkan hingga kering. Ulangi setiap hari. Cara menghilangkan mata ikan berikutnya bisa juga dengan menggunakan baking soda. Anda bisa menggunakan baking soda yang dicampur dengan air jeruk hingga membentuk pasta.

Setelah itu, tinggal oleskan pada bagian mata ikan dan biarkan semalaman. Bumbu dapur seperti bawang putih bisa juga dijadikan obat tradisional menghilangkan mata ikan. Caranya pun cukup mudah.

Pertama tama, belah bawang putih jadi dua kemudian gosokkan salah satunya ke titik mata ikan. Tempelkan bagian sisanya ke mata ikan, tutupi dengan perban, kemudian diamkan semalaman. Bersihkan keesokan harinya ketika Anda mandi.

Ulangi cara ini setiap malam secara rutin agar mata ikan cepat hilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *