Hari Ini Pemerintah Lepas Tim Evakuasi WNI Diamond Princess

Pemerintah Republik Indonesia akan menjemput 68 warga negara Indonesia (WNI) anak buah kapal (ABK) Diamond Princess, Jumat (28/2/2020). Pada hari ini, pemerintah melepas Tim Evakuasi Diamond Princess di Bandara Soekarno Hatta, Terminal 1 sekiranya pukul 15.00 WIB. Evakuasi akan dilakukan dengan pesawat komersil dan direncanakan akan mendarat di Jepang, Sabtu (29/2/2020).

Menteri luar negeri (Menlu), Retno Marsudi pada hari Kamis (27/2/2020) mengatakan sekiranya dari total 78 WNI di kapal pesiar Diamond Princess, 68 akan dievakuasi. Dari 78 WNI yang semula terdata di kapal pesiar berbendera, 9 orang dinyatakan positif terjangkit virus corona. Namun dari 9 tersebut, satu sudah dinyatakan negatif virus corona oleh otoritas Jepang, sehingga total WNI yang positif ada 70 orang.

Akan tetapi, dari 70 orang tersebut, disampaikan Menlu, ada dua orang yang memilih untuk tinggal, sehingga tersisa 68 orang yang kemungkinan akan dievakuasi. "Berdasarkan informasi dari perusahaan. Jadi dari 2 yang menyatakan akan melanjutkan disana, itu (2 orang) bukan yg baru saja dikatakan negatif. Yang ini (68 WNI) semua so far dinyatakan negatif," ujar Menlu. Retno mengatakan data tersebut kemungkinan dapat berubah sewaktu waktu sampai waktu evakuasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *