Elkan Baggott Tak Bisa Lama-Lama Latihan Bareng Timnas Indonesia Lantaran Hal Ini

Pemain bertahan keturunan Indonesia Inggris, Elkan Baggott tidak bisa berlama lama mengikuti pemusatan latihan Timnas U 19 Indonesia di Jakarta. Elkan Baggott harus segera kembali ke klubnya di Inggris yakni Ipswich Town U 18. Menurut informasi yang didapat, PSSI hanya mengajukan izin peminjaman menjalani pemusatan latihan kepada klub Ipswich Town sampai tanggal 8 Agustus 2020.

Hal tersebut mengakibatkan Elkan Baggott harus pulang lebih awal dari pemusatan latihan skuat Garuda Muda. Tim yang dikomandoi langsung oleh Shin Tae yong itu rencananya menjalani pemusatan latihan sampai 15 Agustus 2020. Keterlambatan pemusatan latihan disebabkan karena Shin Tae yong meminta seluruh pemain melakukan swab test berkala serta menunggu pemain menjalani isolasi selama 14 hari.

Sejatinya, pemusatan latihan Timnas U 19 Indonesia direncanakan selesai pada 8 Agustus 2020 lalu. Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi, mengatakan pihaknya akan bersurat kembali dengan Ipswich Town untuk melakukan perpanjangan masa pemusatan latihan bersama Timnas U 19 Indonesia. "Kami dari PSSI hanya meminta izin ke klubnya sampai 8 Agustus 2020,” kata Yunus Nusi, kepada awak media.

"Kami sedang bersurat ke klubnya agar dia bisa untuk TC dalam beberapa hari ke depan," tambahnya. Situasi dan kondisi tersebut turut berpengaruh terhadap proses izin yang akan diberikan klub Elkan Baggott berikutnya. Seperti diketahui, PSS dan tim pelatih Timnas Indonesia berencana melakukan pemusatan latihan jangka panjang di luar negeri.

Sedangkan, klub dari Elkan Baggott yakni Ipswich Town akan sulit memberikan izin karena sedang menjalani persiapan untuk berlaga di kompetisi sepak bola di Inggris. Yunus mengatakan, kemungkinan besar pemain kelahiran Bangkok, Thailand, itu akan absen dalam pemusatan latihan jangka panjang Timnas U 19 Indonesia. Elkan Baggott diprediksi baru bisa kembali bergabung dengan rekan rekannya di Timnas U 19 Indonesia pada saat berlaga di Piala Asia U 19 2020 di Uzbekistan.

“Kemungkinan memang Elkan tidak akan ikut TC panjang di luar negeri. Dia kemungkinan akan gabung saat di Uzbekistan," ujar Yunus. Klub Elkan Baggott, Ipswich Town U 18 sudah memperbolehkan pemainnya bergabung dengan Timnas U 19 Indonesia berlaga di Piala Asia U 19 2020. "Kalau toh tidak bisa tambah hari untuk TC, klub Elkan Baggott setuju dia boleh ikut Piala Asia U 19 2020,” tutup Yunus Nusi.

Seperti diketahui, Piala Asia U 19 2020 akan berlangsung di Uzbekistan pada 14 hingga 31 Oktober 2020. Skuat Garuda Muda tergabung di grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Kamboja, dan Iran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *