Dua Anggota Paskibraka Sukabumi Sembuh dari Covid-19 Sempat Tertular dari OTG

Dua anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Sukabumi terkonfirmasi positif Covid 19. Keduanya tertular dari pasien orang tanpa gejala (OTG). Jubir pengana Covid 19 Kota Sukabumi, Wahyu Handriana, menjelaskan berdasaran anjuran dari Disparpora dan Dinkes Kota Sukabumi dalam pelaksaan serta persiapan pelaksaan ucapara bendera di HUT RI Ke 75 telah dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan. "Terkonfirmasinya anggota Paskibraka ini merupakan hal tidak terduga, sebelumnya seluruh anggota Paskibraka telah menjalani isolasi dan dilakukan rapid test," kata Wahyu pada wartawan, Jumat (21/8/2020).

Berdasarkan hasil pemeriksaan rapid test awal, lanjut dia, seluruh anggota Paskibraka yang bertugas sebagai pengibar bendera dinyatakan negatif. Setelah itu kegiatan latihan tetap dilakukan. "Pada pemeriksaan awal mereka dinyatakan negatif, namun atas permintaan ketua gugus tugas Covid 19 mereka dilakukan pengambilan sampel swab pada Senin (10/8/2020), hasilnya baru ke luar pada Senin (17/8/2020) malam setelah pelaksanaan upacara telah selesai," jelasnya.

Ia mengungkapkan, dua orang Pakibraka yang dinyatakan terkonfirmasi Covid 19 saat itu juga langsung dilakukan penanganan dan penanggulangan berdasarkan protokol Covid 19 revisi V menjalani isolasi mandiri. "Kedua anggota Paskibraka tersebut tidak dirawat karena mereka tidak mengalami gejala Covid 19, namun hanya dilakukan isolasi mandiri," ucapnya. Wahyu menjelaskan, berdasarkan perotokol penanganan Covid 19 revisi V, kedua anggota Paskibraka tersebut telah dinyatakan sembuh, karena telah menjalani masa isolasi mandiri selama 10 hari.

"Saat ini mereka telah dinyatakan sembuh karena sudah menjalani isolasi selama 10 hari terhitung dari pengambilan swab." "Hingga saat ini, dan sudah lebih dari masa inkubasi sehingga keduanya sudah sembuh," jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *