BREAKING NEWS: Fosil Gajah Purba Ditemukan Warga di Objek Wisata Alam Ciwado Indramayu

Warga di Kampung Ciwado, Desa Cikawung, Kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu menemukan sebuah tulang berukuran raksasa. Tulang itu diketahui merupakan fosil dari hewan vertebrata stegodon atau yang umum disebut masyarakat dengan nama Gajah Purba. Jika melihat dari strukturnya, tulang ini seperti potongan tulang paha atas hewan zaman purbakala tersebut.

Salah seorang penemu sekaligus warga Kampung Ciwado, Unang Herman (38) mengatakan, tulang tersebut ditemukan dirinya beserta warga saat kerja bakti di kawasan Wisata Ciwado. Warga menemukannya di sekitaran Goa Kharomah Ciwado, dengan posisi menempel pada cadas (batu goa) dan terhimpit tanah. "Di situ kemudian ada masyarakat yang ngomong ke Unang, itu ada kaya tulang, gak tahu tulang atau bukan, katanya gitu," sambung dia.

Unang Herman menjelaskan kejadian tersebut terjadi sekitar 6 bulan yang lalu atau pada bulan Juli 2019. Saat itu, Unang Herman maupun warga Kampung Ciwado lainnya tidak mengetahui bahwa yang ditemukan mereka adalah Fosil Gajah Purba. Warga baru mengetahui setelah Unang Herman menunjukan tulang berukuran raksasa tersebut kepada seorang fotografer asal Jakarta yang tengah berkunjung ke Wisata Alam Ciwado bernama Turidi.

"Awalnya gak tahu ini bernilai atau apa ini itu, jadi awal penemuannya seperti itu," ujar dia. Sementara itu, Ketua Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kabupaten Indramayu, Dedy S Musashi mengatakan, setelah mendapat informasi adanya temuan tulang hewan purba, pihaknya segera menindaklanjuti temuan tersebut ke Balai Arkeologi (Balar) Jawa Barat. Hasilnya, menurut Peneliti Utama Balar Jawa Barat, DR Lutfi Yondri membenarkan fosil yang ditemukan warga adalah tulang hewan purba jenis stegodon atau Gajah Purba.

Tulang tersebut memiliki panjang 32 centimeter dan lingkar tulang 22 centimeter dengan bobot berat sekitar 20 kilogram. "Temuan serupa juga ditemukan di situs Semedo Kabupaten Tegal," ujar dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *