Bocah 3 Tahun Tewas bersama Ibunya Kronologi Suami Bakar Diri Ajak Istri & Balitanya

Seorang suami bernama Amir (35) diduga mengajak istri dan anaknya yang masih balita untuk bakar diri. Akibarnya, anak dan istrinya yakni Muamalah (29) dan balitanya Nafisa (3) meninggal dunia akibat luka bakar yang cukup serius. Peristiwa ini terjadi di Desa Karangsari RT 6/3, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah sekira pukul 03:30 WIB, Sabtu (29/8/2020).

Muamalah menghembuskan nafas terakhirnya saat menjalani perawatan di RSUD Kajen. Muamalah dikabarkan meninggal dunia sekitar pukul 13.00 WIB. "Korban kebakaran bertambah satu orang yaitu ibu kandung Nafisa," kata Kasat Reskrim Polres Pekalongan AKP Poniman seusai melakukan olah TKP, Sabtu (29/8/2020) sore.

Sebelumnya, Nafisa dinyatakan meninggal dunia pagi tadi sekitar pukul 09.00 WIB dengan luka bakar 100 persen. "Lalu pada pukul 13.00 WIB, ibu kandungnya meninggal dunia dengan luka bakar sekitar 90 persen," AKP Poniman. AKP Poniman memaparkan, pihaknya menduga ada upaya untuk melakukan kekerasan dalam rumah tangga dengan cara membakar diri dan yang dijadikan korban yaitu istri dan anak.

"Saat ini istri dan anak sudah dinyatakan meninggal, sedangkan suami yang diduga pelaku masih kritis di RSI Pekajangan karena mengalami luka bakar sekitar 85 %," ungkapnya. Berdasarkan pemeriksaan saksi, motif kasus ini adalah pertengkaran dalam rumah tangga. "Jadi, keluarga kecil ini sering cekcok dengan istri dan saudaranya.

Satu rumah ini ditinggali 3 kepala keluarga, jadi yang diduga pelaku ini ingin menyelesaikan masalah di dalam keluarganya namun tidak bisa." Pihaknya bersyukur dalam kejadian ini, keluarga yang lain masih bisa diselamatkan. Kapolsek Bojong AKP Suhandi, berdasarkan keterangan saksi diduga suami istri tersebut sempat cekcok.

Hal itu, kata Suhandi, didapatkan dari keterangan saksi. Amir sempat keluar dari kamar di rumahnya tersebut lalu balik lagi ke kamar sambil membawa sesuatu. Tak lama kemudian, Amir mengunci pintu kamarnya bersama dengan istri dan balitanya di dalam.

Tetangga sempat khawatir dengan kondisi Amir dan anaknya. Tetangga sempat berinisiatif untuk mendobrak pintu kamar Amir, tapi dari dalam Amir berteriak. "Ojo melu melu lek, iki urusan keluarga," katanya.

Mendengar ucapan Amir, tetangga berhenti mendobrak pintu, tapi masih stand by di depan pintu kamar. Hingga selang beberapa waktu muncul api dari dalam kamar Amir. Salah satu saksi mata bernama Muhammad Aris bahkan sempat dengar teriakan minta tolong.

"Tolong, tolong, kenapa, di dalem dikunci katanya. Selanjutnya saya dobrak gak bisa. Gak tahunya ada api di posisi kamar (yang terkunci)," katanya dilansir dari YouTube tvOneNews, Sabtu (29/8/2020). Hingga akhirnya api membakar Amir, istri, dan anaknya. Atas peristiwa tersebut, istri Amir dan anaknya meninggal dunia. Sementara Amir masih mendapatkan perawatan karena luka bakar serius.

Kasat Reskrim Polres Pekalongan, AKP Poniman Regaman menjelaskan kemungkinan percekcokan yang terjadi antara Amir dan istri. "Mungkin terhimpit ekonomi, yang diduga pelaku membakar diri ini tidak ada pekerjaan tetap. Sehingga terjadi pembakaran diri antara mereka bertiga, maksudnya dia (suami) mau bunuh diri sama sama," katanya. Di dalam rumah yang ditempati Amir, kata Poniman, diisi oleh 8 orang penghuni.

Terdapat 3 kamar di rumah tersebut yang masing masing diisi oleh keluarga. "Tapi masih dalam ikatan satu keluarga di situ," kata Poniman. "Memang ada teriakan minta tolong, sehingga ada keluarga korban yang bisa keluar dari rumah dan minta tolong ke tetangga," sambungnya.

"Namun demikian api sudah membakar sebagian rumah tersebut, ternyata di dalam kamar masih ada tiga orang. Lima orang penghuni tersebut selamat," kata Poniman. Namun saat kamar Amir didobrak, ditemukan tiga korban dalam kondisi memilukan yakni dengan luka bakar. "Sudah terbakar kamar dan ada korban waktu itu memang belum terbakar seluruhnya,"

"Anak balita 3 tahun dalam posisi berdiri, istri dalam posisi jongkok, dan yang diduga pelaku (Amir) berdiri di depan pintu," sambungnya. Karena luka bakar yang hampir 90%, istri Amir meninggal dunia menyusul anak balitanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *