Arti Zona Hitam hingga Respons Ganjar Kota Solo Disebut Zona Hitam Covid-19 Setelah Tambah 18 Kasus

Setelah adanya penambahan kasus Covid 19 sebanyak 18 kasus dalam sehari pada Minggu (12/7/2020), Kota Solo disebut berstatus zona hitam. Hal itu disampaikan oleh Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Solo, Ahyani. "Ini Solo sudah zona hitam," ucap Ahyani sebagaimana dikutip dari .

Sebanyak 15 dari 18 kasus baru Covid 19 di Solo itu merupakan mahasiswa Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Mereka tengah menempuh pendidikan dokter spesalis di RS Moewardi Solo. Sebelumnya, 25 mahasiswa PPDS telah dinyatakan terkonfirmasi positif Covid 19 dan kini tengah menjalami perawaran di RS UNS Sukoharjo.

15 diantaranya berdomisili di Kota Solo. Dengan tambahan 18 kasus baru tersebut, kini total kasus Corona di Solo sebanyak 63 kasus dengan perincian37 sembuh, 22 rawat inap, 4 meninggal dunia. Solo kini disebut berstatus zona hitam, lalu apakah yang dimaksud dengan zona hitam tersebut?

Mengutip , Epidemiolog dari Griffith University Australia Dicky Budiman menjelaskan, kondisi hitam bisa memiliki arti darurat. "Sudah lebih dari zona bahaya yakni merah. Artinya penambahan kasusnya sudah tinggi, lebih dari 2.000 an biasanya," kata Dicky, Rabu (3/6/2020). Dicky menerangkan, sebenarnya, warna yang terlihat seperti hitam pada peta Corona aslinya berwarna merah.

"Sebetulnya yang aslinya itu bukan warna hitam, aslinya warna merah. Jadi ketika angka kasus baru di atas 2.000 an, maka daerah itu akan berwarna merah. Jadi tampak seperti hitam," ucap dia. Status tersebut merupakan status terakhir yang diupdate pada 5 Juli 2020 lalu. Sementara, dilaman Corona Pemprov Jateng, corona.jatengprov.go.id, data yang tertera juga belum diperbaharui dimana tertulis kasus Corona di Kota Solo sebanyak 40 kasus, dengan 4 kasus meninggal dan 10 orang dirawat.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyatakan telah menerima laporan terkait adanya tambahan 18 kasus baru di Kota Solo. Ia mengaku telah mendapatkan laporan dari RS Muwardi Solo, tempat 25 mahasiswa kedokteran UNS tersebut pendidikan praktek. Ganjar telah meminta RS Moewardi untuk memperketat kunjungan warga.

Selain itu, Gubernur asal PDIP ini juga meminta dilakukan pelacakan, isolasi dan pengurangan kegiatan yang bisa membuat kerumuman. "RS Muwardi sudah kasih laporan ke saya. Perketat kunjungan warga, dilakukan tracing, isolasi. Kurangi kegiatan yang membikin kerumunan," kata Ganjar via pesan WhatsApp, Senin (13/7/2020). Dalam pengklasifikasian status wilayah di laman Covid19.go.id, hanya terdapat empat status yakni zona merah, zona oranye, zona kuning dan zona hijau.

Berikut arti dari masing masing zona tersebut sebagiamana dikutip dari Grid.id: Artinya sebuah wilayah atau daerah sudah tidak ada kasus atau infeksi virus corona. Aktivitas seperti biasa juga sudah bisa berjalan dengan normal.

Namun, pada wilayah zona hijau tetap perlu ada kesadaran masyarakat untuk meningkatkan jarak sosial, cuci tangan, hingga pemakaian masker. ,artinya ada beberapa kasus Covid 19 dengan beberapa penularan lokal. Di zona ini bisa dilakukan PSBB secara parsial.

Selain itu, zona kuning akan menerapkanprotokol kesehatan yang sama dengan Zona Hijau yaitu dengan mengidentifikasi kontak dari kasus yang dikonfirmasi (pelacakan kontak), dan melakukan pengujian, pemantauan maupun isolasi mandiri. Tak lupa juga melakukanjarak sosial, mencuci tangan, dan etika bersin. Suatu wilayah berdeatan dengan zona merah atau dengan klaster penyebaran kecil.

Di wilayah ini harus menerapkan protokol kesehatan, menunda atau membatalkan pertemuan yang tidak penting, mendisinfektan tempat umum dengan cairan disinfektan dan melakukan tes secara aktif kepada semua orang dengan gejala Covid 19. Artinya masih ada kasus Covid 19 pada satu atau lebih klaster dengan peningkatan kasus yang tinggi. Dalam kasus zona merah, diperlukan protokol kesehatan yang serius, seperti menutup sekolah, tempat ibadah, dan bisnis.

Selain itu, membatasi perjalanan hanya untuk tujuan penting. Memberlakukan lockdown (karantina) bagi komunitas yang telah terinfeksi virus corona dan menjaga orang orang tetap berada di rumah mereka serta mengirimkan kebutuhan mereka tanpa kontak fisik. Enggak hanya itu, perlu menyediakan fasilitas terpisah untuk kasus infeksi dari layanan kesehatan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *