Aktor Detri Warmanto Positif Corona Jalani Isolasi Mandiri: Sampai Detik Ini Nggak Tahu Kena di Mana

Aktor tanah air, Detri Warmanto mengaku hingga saat jalani isolasi mandiri hari ke 10, belum mengetahui tertular Corona Covid 19 di mana. Hal tersebut disampaikan dalam video yang diunggah di kanal YouTube Kompas TV, Rabu (25/3/2020). Detri yang merupakan menantu dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo sudah melakukan tes di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.

Kala itu sejumlah menteri dan keluarga harus menjalani pemeriksaan setelah Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dinyatakan positif Covid 19. Sejak awal melakukan isolasi mandiri, Detri hingga saat ini sudah memasuki hari ke 10. Kurang empat hari lagi, Detri akan melakukan pemeriksaan ulang.

Untuk menyatakan positif atau negatif Covid 19. Dalam kesempatan itu, Detri mengungkapkan untuk melewati masa isolasi mandiri butuh mental yang kuat. Karena aktor sinetron Kepompong ini harus merasakan jauh dari keluarga.

Detri menuturkan, hanya melalui video call agar bisa berkomunikasi dan melihat keluarganya. "Saya sudah hari ke 10 saya masa isolasi, sampai ke 14," tutur Detri. "Dan habis itu saya harus tes lagi untuk dinyatakan positif atau negatif."

"Dengan kondisi seperti ini pasti ada sedikit mental, harus jauh dari keluarga," ucap dia. "Jadi hal yang bisa saya lakukan cuma bisa video call sama anak anak dan istri saya, keluarga, ibu saya," tambahnya. Saat menjalani isolasi mandiri, Detri juga sering membagikan keadaannya melalui akun media sosial Instagram @detriwarmanto.

Detri menjelaskan ingin membantu pemerintah agar masyarakat dapat lebih paham soal Covid 19. Pria kelahiran 1986 ini meminta pada masyarakat dapat mengikuti aturan dari pemerintah. Di mana diketahui pemerintah telah menetapkan untuk tidak keluar rumah kecuali darurat.

Himbauan itu terus disuarakan oleh Detri mengingat ia positif Covid 19 namun masih belum mengetahui bagaimana ia bisa tertular. "Jadi gini saya ingin bantu pemerintah untuk menghimbau gitu lho," ungkap Detri. "Masyarakat udahlah turutin apa kata pemerintah."

"Pemerintah bilang di rumah ya di rumah aja, jangan keluar," ujar dia. "Karena sayapun sampai detik ini juga nggak tahu kenanya di mana," imbuhnya. Saat melalui masa isolasi mandiri, ada beberapa kegiatan yang dilakukan oleh Detri.

Yakni seperti beribadah, istirahat yang cukup, menonton, hingga makan dan tidur secara teratur. Detri hanya melaksanakan anjuran dari dokter untuk melakukan pola hidup sehat. Karena menurut Detri, untuk melawan Covid 19 dibutuhkan imunitas tubuh yang kuat.

Seluruh kegiatan itu ia lakukan sendiri di rumahnya. Tindakan tersebut sebagai bentuk untuk meminimalisir kontak agar tidak terjadi penularan. "Di rumah saya banyak melakukan istirahat yang cukup, ibadah, paling nonton, makan dan tidur yang teratur," jelas Detri.

"Pokoknya anjuran dokter yang empat sehat lima sempurna harus dijaga." "Karena mengangkat imun kita untuk melawan virus tersebut," tutur dia. "Betul, saya sendiri melakukannya karena memang untuk tidak kontak dengan orang lain," lanjutnya.

Diketahui, Detri dinyatakan positif Covid 19 setelah melakukan tes, Minggu (15/3/2020). Kala itu memang Detri tidak menampakkan gejala klinis seperti orang terjangkit Corona. Dokter menuturkan Detri adalah orang yang dinyatakan positif Covid 19 namun tanpa gejala.

Detri bahkan tidak merasakan sakit seperti demam, flu, hingga sesak napas. Selama masa isolasi mandiri, Detri mengaku sering berkomunikasi dengan dokternya. Di kesempatan itu, Detri sering melakukan konsultasi apabila badannya mulai tak enak.

Setelah itu akan diberikan anjuran maupun obat dari dokter. "Alhamdulillah yang kata dokter tidak ada gejala sedikitpun, saya memang orang yang terpapar Covid 19 tapi tidak ada gejala," terang Detri. "Kaya sakit demam, flu, sesak napas, dan lain lainnya."

"Ada, kebetulan saya bisa komunikasi dengan dokter beberapa hari ini, jadi kalau saya mulai batuk atau apa dokter langsung bisa kasih masukan atau obat," tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *