8 Pekerjaan Ini Paling Banyak Dicari di Saat Pandemi

April 14, 2021 by No Comments

Pandemi covid-19 yang telah melanda dunia sejak 1 tahun lalu telah berdampak pada berbagai sektor. Banyak kegiatan tatap muka yang beralih ke daring, salah satunya bekerja. Akibatnya, semua orang dipaksa harus melek teknologi agar dapat aktif berkegiatan.

Hal ini selaras dengan agenda nasional, Revolusi Industri 4.0 untuk menerapkan sistem komputerisasi pada segala sektor di Indonesia. Melihat percepatan Revolusi Industri 4.0 di tengah pandemi, para fresh graduate perlu memperhatikan pekerjaan yang akan dibutuhkan saat ini.

Berikut lowongan kerja paling dicari yang perlu fresh graduate ketahui di tahun 2021, dikutip JobStreet.

1. Copywriter dan Content Writer

Pada Industri 4.0, peran copywriter dan content writer akan selalu dibutuhkan karena setiap sektor pekerjaan memerlukan tulisan sebagai landasan pekerjaan maupun sebuah produk. Copywriter dan content writer merupakan dua peran penulisan yang berbeda.

Content writer membuat tulisan yang deskriptif dan informatif, sedangkan copywriter bertujuan membuat tulisan yang lebih persuasif untuk keperluan iklan. Namun, terdapat beberapa perusahaan yang menggabungkan peran keduanya.

2. Web Developer

Semua kegiatan yang beralih secara daring mendorong banyak perusahaan untuk hadir secara virtual melalui website perusahaan. Dalam hal ini, peran web developer sangat dibutuhkan untuk membuat sebuah website. Kemampuan utama yang harus dimiliki seorang web developer adalah programming.

3. UI/UX Designer

UI (User Interface)/UX (User Experience) designer adalah dua hal yang berbeda namun saling melengkapi. Jika UI designer berperan di bagian tampilan, UX designer melengkapi dari ‘balik layar’ dengan merancang pengalaman user saat menggunakan aplikasi atau website tertentu.

Tidak sedikit juga desainer yang menguasai keduanya dan disebut full-stack designer. Permintaan untuk UI/UX Designer pada perusahaan, terbilang cukup tinggi karena meningkatnya kebutuhan pembuatan aplikasi dan/ website di era 4.0.

4. UX Writer

Tingginya pemakaian aplikasi di Industri 4.0 juga berarti tingginya interaksi pengguna dengan suatu aplikasi. Peran UX (User Experience) Writer adalah untuk menciptakan interaksi yang nyaman dan mudah dimengerti dengan pengguna melalui tulisan di dalam aplikasi. Sama halnya dengan UI/UX Designer, UX writer juga termasuk pekerjaan yang cukup dibutuhkan di perusahaan berbasis teknologi.

5. UX Researcher

Pekerjaan UI/UX Designer dan UX Writer bergantung pada UX (User Experience) Researcher. UX Researcher bertugas melakukan riset mengenai kebutuhan dan perilaku pengguna aplikasi. Hasil riset akan digunakan sebagai landasan kerja tim UI/UX designer dan writer untuk membuat rancangan aplikasi.

6. Digital Marketing

Penggunaan teknologi yang meningkat juga berdampak pada cara pemasaran produk. Digital marketing atau pemasaran digital merupakan suatu pekerjaan yang sangat dibutuhkan untuk memasarkan suatu produk melalui platform digital.

Hal ini didasari observasi perilaku masyarakat yang lebih banyak menghabiskan waktu di gawai mereka. Pada akhirnya ini dilihat sebagai peluang untuk dapat memasarkan melalui gawai para pengguna.

7. SEO Specialist

SEO (Search Engine Optimization) Specialist pada umumnya bertujuan untuk pemasaran produk. Namun, SEO Specialist di sini bertugas untuk mengoptimalkan pemasaran yang sudah ada melalui mesin pencari dengan mengatur strategi keyword pada konten yang akan diposting pada website perusahaan. Seorang SEO Specialist juga harus mengerti tentang SEO copywriting dan teknik pemasaran yang dapat meningkatkan pengunjung ke website tersebut.

8. Social Media Strategist

Jika Anda pernah melihat suatu kampanye daring dari suatu produk atau brand di media sosial, itu adalah salah salah satu pekerjaan seorang Social Media Strategist. Sebagai Social Media Strategist, Anda berperan sebagai otak utama dalam mengoperasikan sebuah media sosial. Pekerjaannya mulai dari strategi untuk konten, meningkatkan interaksi dengan pengikut media sosial, pemasaran, sampai analisis tren media sosial, dan laporan analisis.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *